Wisata Ternate

13 Meriam Peninggalan Jajahan Eropa Masih Terawat Baik di Benteng Oranje Ternate

Di Benteng Oranje terdapat 13 meriam bekas jajahan eropa di Ternate, Maluku Utara yang hingga kini masih terawat.

Penulis: Yunita Kaunar | Editor: Munawir Taoeda
TribunTernate.com/Yunita Kaunar
SEJARAH: 13 meriam di Benteng Oranje Ternate, Maluku Utara merupakan situ sejarah peninggalan jajahan bangsa eropa, yang hingga kini meriam-meriam tersebut masih terawat dengan baik, Selasa (28/6/2022). 

TRIBUNTERNATE.COM - Fungsional Analis Pemanfaatan Cagar Budaya dan Koleksi Museum Dinas Kebudayaan Kota Ternate, Rinto Taib mengungkapkan.

Benteng Oranje Ternate, Maluku Utara juga memiliki situs peninggalan jajahan eropa. Diantaranya, portugis, spayol dan vereenigde oostindische compagnie (VOC) berupa meriam sebanyak 13 unit, yang masih terawat hingga kini.

"Simbol pada meriam ini diketahui setelah ada kunjungan duta besar (Dubes) Spanyol, ketika saya menjelaskan terkait keberadaan senjata itu. Dubes pun mengatakan bahwa meriam tersebut merupakan milik negaranya, dilihat dari simbol, "ungkapnya, Selasa (28/6/2022).

Rinto yang juga Kepala Museum Rempah-Rempah Kota Ternate itu menambahkan tak hanya meriam, simbol yang sama juga terlihat pada pintu masuk Benteng Oranje.

Baca juga: Partai Gerindra Halmahera Barat Mulai Buka Pendaftaran Bakal Calon Legislatif 2024

Dari 13 unit meriam di Benteng Oranje, 10 diantaranya kepunyaan VOC, dua kepunyaan portugis dan satu kepunyaan spanyol.

Setiap Meriam memiliki simbol, dan kode yang berbeda-beda.

Rinto mengaku, secara referensi tidak ditemukan terkait dengan keberadaan meriam, namun jika diamati lebih dekat, setiap meriam memiliki simbol pada setiap permukaannya.

Ada pula simbol yang bertuliskan VOC dengan bentuk persegi, ada pula yang bersimbol kastel dengan tulisan P portugis begitu juga dengan kepunyaan Spanyol.

"Semua meriam punya simbol dan nomor seri yang masih terawat hingga kini, "katanya.

Rinto menuturkan, bahwa penjagaan bekas peninggalan jajahan Eropa seperti meriam ini masih sangat terjaga, karena memiliki tempat terbuka dan lebih dekat dengan keberadaan masyarakat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved