Mata Pencaharian Warga Terputus, Jika Pemkot Ternate Jadikan Pantai Bula Sebagai Objek Wisata

Mata pencaharian warga Kelurahan Bula akan hilang, jikalau Pemkot Ternate bersikeras membuat Pantai Bula sebagai objek wisata.

Penulis: Amri Bessy | Editor: Munawir Taoeda
TribunTernate.com/Amri Bessy
TERANCAM: Mata pencaharian sebagian besar warga Kelurahan Bula, Ternate Barat, Kota Ternate akan hilang jikalau Pemkot Ternate menjadikan Pantai Bula sebagai objek wisata. Pasalnya, warga-warga disana berprofesi sebagai penjual pasir, Sabtu (16/6/2022). 

TRIBUNTERNATE.COM - Keinginan Pemkot Ternate untuk menjadikan Pantai Bula, di Kelurahan Bula, Kecamatan Ternate Barat sebagai objek wisata, nampaknya terkendala keinginan warga.

Di mana Pantai Bula sendiri, dijadikan sebagian warga sekitar, untuk mengais rejeki dengan berjualan pasir.

"Kalau dijadikan objek wisata, lalu kita (warga) mau ambil pasir dimana lagi? Sementara sebagian besar warga, berprofesi sebagai penjual pasir, "aku, salah seorang warga yang enggan menyebutkan nama, Sabtu (16/7/2022).

Ia menambahkan, berprofesi sebagai penjual pasir telah dilakoninya bersama warga lain, selama beberapa tahun terakhir. Di mana profesi tersebut, dijadikannya sebagai mata pencaharian utama.

Baca juga: Surya Paloh Tandatangani Prasasti Kantor NasDem Halmahera Tengah, Ini Pesannya!

"Kalau dijadikan objek wisata, artinya sata tidak kerja, kalau saya tidak kerja, bagaimana bisa saya biayai sekolah anak, dan makan sehari-hari, "keluhnya.

Terpisah, Lurah Kelurahan Bula, Said Usman mengatakan sampai saat ini, pihaknya terkendala pendekatan serta sosialisasi kepada warga.

Baca juga: Bank Indonesia Maluku Utara Tegaskan Uang Logam Masih Berlaku Sebagai Alat Tukar yang Sah

"Masih terkendala pendekatan dengan beberpa warga, yang melakukan aktivitas galian pasir. Sehingga kita akan terus melakukan berbagai cara, untuk bisa membuat warga sepakat untuk kita kembangkan potensi wisata Pantai Bula, "ujarnya.

Meskipun waktu dekat ini, Camat Ternate Barat, Hamid Hi Muhamad bersama kelurahan, berencana menjadikan Pantai Bula sebagai salah satu objek wisata pantai di Kota Ternate.

"Kita harus lakukan pendekatan emosional, sehingga hal tersebut dipermudahkan, rencana dikembangkan wisatanya, tapi juga Pantai Bula, "tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved