159 Murid MA, MTs dan MI Ikut Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten Halmahera Utara

Bagi murid yang keluar sebagai juara umum pada Kompetisi Sains Madrasah tingkat kabupaten, berhak mengikuti lomba yang sama tingkat provinsi.

Penulis: Arafik Hamid | Editor: Munawir Taoeda
TribunTernate.com/Arafik Hamid
KOMPETISI: Tampak para murid MA, MTs dan MI serius mengikuti Kompetisi Sains Madrasah tingkat kabupaten Halmahera Utara, Sabtu (13/8/2022). 

TRIBUNTERNATE.COM - Ketua Komite Kompotisi Sains Madrasa, Rahmat Hamdja menjelaskan, Kompetisi Sains Madrasah (KSM) digelar se Indonesia tahun 2022 di gedung labolatorium Madrasah Aliyah Negeri I Halmahera Utara.

Pada Kompetisi Sains Madrasah dilakukan lewat komouitaler, di ikuti seluruh Madrasa baik jenjang Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan jumlah peserta sebanyak 159 murid.

"Di hari pertama kompetisi ini yakni jenjang Madrasah Aliyah, hari kedua jenjang Madrasah Tsanawiyah dan hari ketiga jenjang Madrasah Iptidayah, "jelasnya, Sabtu (13/8/2022).

Dikatakan Rahmat, dari tiga jenjang tersebut, di kompetisi di tampilkan bereberapa mata pelajaran.

Baca juga: Kata Wali Kota Tidore Capt Ali Ibrahim, Edi Langkara Bukan Saingannya di Pilgub Maluku Utara 2024

Untuk jenjang Madrasah Iptidayah, dua mata pelajaran, yakni Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam. Jenjang Madrasah Tsanawiyah 3 mata pelajaran, Matematika, Ilmu pengajuan Alam dan Ilmu pengetahuan Sosial dan jenjang Madrasah Aliyah 4 mata pelajaran yakni, Matematika, Biologi,Geografi dan Ekonomi.

"Mata pelajaran di KSM ini tahun ini, mulai dari jenjang Madrasah Iptidayaih, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah yang semuanya terintegrasi, "tuturnya.

Setelah hasil pengumuman Kompetisi Sains Madrasah, murid yang juara umum tingkat kabupaten, berhak mengikuti Kompetisi Sains Madrasah tingkat provinsi.

"Murid yang juara mengikuti kompotisi tingkat kabupaten, akan di diikutsertakan ke tingkat provinsi, "janjinya.

Pihak komite berharap, sekolah terus memberikan pengetahuan kepada murid yang berpotensi, karena setiap tahunnya dilakukan lomba Kompetisi Sains Madrasah.

Baca juga: Dibangun Dengan Anggaran Tidak Sedikit, Dua Terminal Angkutan Umum di Halmahera Utara Terbengkalai

"Kami hanya berharap, setiap sekolah harus mendidik muridnya yang lebih baik, agar dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah, ada mewakili Halmahera Utara pada lomba tingkat provinsi bahkan nasional, "harapnya.

Di ruangan labolatorium kompuiter MAN I Halmahera Utara, di hari pertama Kompetisi Sains Madrasah, tampak murid dengan serius mengikuti lomba.

Bahkan di dalam ruangan, para murid dilarang menoleh ke teman-temannya. Sementara pengawas duduk disudut-sudut ruangan. (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved