Pemilu 2024

Pastikan Tak Terdaftar Partai Politik, Bawaslu Morotai Kroscek Nama-nama ASN Hingga TNI dan polri

Pastikan Tidak Terdaftar Anggota Partai Politik, Bawaslu Morotai Akan Kroscek Nama-nama ASN Lingkup Pemda Hingga TNI dan polri

Tribunternate.com/Fizri Nurdin
Kantor Bawaslu Kabupaten Pulau Morotai, Kepada Tribuntermate.com, Ketua Bawaslu Morotai Lukman Wangko mengatakan Bawaslu pastikan ASN lingkup Pemda Morotai dan TNI Polri tidak terdaftar dalam partai politik, Jumat (12/8/2022)/Fizri Nurdin 

TRIBUNTERNATE.COM - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Lukman Wangko mengatakan Bawaslu akan memastikan Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak masuk dalam kepengurusan partai politik.

Hal itu sesuai dengan instruksi Bawaslu RI kepada seluruh Bawaslu Provinsi maupun Kabupaten Kota di Indonesia untuk membuat posko aduan.

"Sesuai surat edaran dari Bawaslu RI maka mulai hari ini sudah kami sampaikan, kepada Pemda Pulau Morotai, kemudian TNI dan Polri,"kata Lukman saat dikonfirmasi di kantornya, Desa Pandanga, Kecamatan Morotai Selatan, Jumat (12/8/2022)

Layangan surat lanjutnya disampaikan ke pemerintah daerah dan satuan TNI dan Polri, itu tujuannya untuk memastikan nama-nama mereka tidak terdaftar dalam kepengurusan partai politik.

"Kita memastikan, untuk ASN, TNI, dan Polri tidak masuk dalam keanggotaan partai politik,"ujarnya

"Jadi nanti kita minta nama-nama seluruh ASN TNI dan polri yang ada di Kabupaten Pulau Morotai, untuk kami cek. Apakah namanya terdaftar dalam partai politik, atau tidak,"sambungnya.

Lukman menjelaskan jika dalam pemeriksaan nama-nama ditemukan ada yang masuk dalam kepengurusan partai politik maka akan dilakukan koordinasi baik Pemda maupun instansi TNI dan Polri.

"Kalaupun masuk dalam kepengurusan maka kami akan melakukan koordinasi dengan pemerintah Daerah terkait dengan nama bersangkutan masuk dalam partai politik, dan partai bersangkutan juga kami melakukan koordinasi."pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved