Data Pribadinya Dibocorkan Hacker Bjorka, Mahfud MD: Saya Tak Ambil Pusing dan Tak Ingin Tahu

Mengetahui data pribadinya disebut-sebut dibocorkan oleh hacker Bjorka, Mahfud MD mengaku tak ambil pusing dan tak ingin tahu.

Editor: Rizki A
Youtube/Kemenko Pulhukam RI
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menjadi salah satu menteri yang data pribadinya diduga dibocorkan oleh hacker atau peretas Bjorka. 

TRIBUNTERNATE.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menjadi salah satu menteri yang data pribadinya dibocorkan oleh hacker atau peretas Bjorka.

Diketahui, data atau dokumen penting milik pemerintah Indonesia yang diduga dibocorkan oleh Bjorka meliputi dokumen kepresidenan Joko Widodo (Jokowi) dan surat-surat rahasia Badan Intelijen Negara (BIN).

Dokumen kepresidenan dan surat-surat rahasia dari BIN itu dibocorkan oleh hacker Bjorka, Jumat (9/9/2022).

Dalam hasil peretasannya, Bjorka mengklaim telah mendapatkan data berukuran 40 MB yang berisikan 679.180 dokumen. Data-data tersebut dirampas per September 2022.

Di situs breached.to, Bjorka mengunggah sejumlah dokumen yang diklaim milik Presiden Jokowi pada periode 2019- 2021.

Selain itu, kebocoran data yang diretas oleh hacker Bjorka juga menyasar data pribadi Puan Maharani, Erick Thohir, Johnny G Plate, Denny Siregar, Mahfud MD, hingga data pribadi dalang kasus pembunuhan Munir.

Mengetahui data pribadinya disebut-sebut dibocorkan oleh hacker Bjorka, Mahfud MD mengaku tak ambil pusing dan tak ingin tahu.

Mahfud MD tak ambil pusing karena menurutnya data pribadinya bukan rahasia dan bisa diambil di laman website yang terbuka.

Tidak hanya itu, kata Mahfud MD, data pribadinya juga bisa dilihat di sampul-sampul belakang buku-buku yang ditulisnya atau di LHKPN KPK 

"Banyak yang japri (mengirim pesan pribadi) saya bahwa data pribadi saya dibocorkan oleh Bjorka hacker. Saya tak ambil pusing dan tak ingin tahu. Sebab data pribadi saya bukan rahasia. Bisa diambil dan dilihat di Wikipedia (Google), di sampul belakang buku-buku saya, di LHKPN KPK. Data pribadi saya terbuka, tak perlu dibocorkan," kata Mahfud di akun Twitternya, @mohmahfudmd, pada Selasa (13/9/2022).

Baca juga: Soal Kebocoran Data yang Diretas Hacker Bjorka, Mahfud MD Klaim Belum Ada Isu-isu yang Membahayakan

Baca juga: Duga Ada Skenario Baru untuk Bebaskan Ferdy Sambo dkk, Kuasa Hukum Brigadir J: Sudah Bukan Oknum

Baca juga: Sempat Bohong Ikut Skenario Ferdy Sambo, Bripka RR Mulai Jujur, Pengacara Brigadir J Masih Ragu

Sebelumnya, Mahfud MD sudah mengakui adanya kebocoran data negara yang terjadi belakangan ini.

Mahfud MD menyebut dirinya sudah mendapat laporan terkait dengan adanya peretasan data negara tersebut dari Badan Siber Sandi Negara (BSSN).

"Soal anu ya, bocornya data negara lah. Itu nanti masih akan, kita, saya pastikan bahwa itu memang terjadi. Saya sudah dapat laporannya dari BSSN, kemudian dari analisis deputi VII saya, terjadi di sini, di sini, di sini," kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (12/9/2022).

Meski begitu, Mahfud menyebut data negara yang bocor itu sejauh ini tidak ada dokumen yang bersifat rahasia dan sudah diketahui khalayak umum.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved