Sail Tidore 2022

Masih Harus Menunggu Keputusan Panitia Pusat untuk Pelaksanaan Sail Tidore 2022

Tim Mabes TNI Angkatan Laut (AL) melakukan rapat koordinasi sekaligus meninjau lokasi akan diselenggarakanya Sail Tidore 2022 dan Surya Bhaskara Jaya

Penulis: Faisal Amin | Editor: Mufrid Tawary
Tribunternate.com/Faisal Amin
Suasana Rapat Koordinasi Tim Survey TNI AL dan Pemerintah Kota Tidore dalam rangka persiapan pelaksanaan Sail Tidore 2022. 

TRIBUNTERNATE. COM- Tim Mabes TNI Angkatan Laut (AL) melakukan rapat koordinasi sekaligus meninjau lokasi akan diselenggarakanya Sail Tidore 2022 dan Surya Bhaskara Jaya (SBJ).

Kunjungan dari Mabes TNI AL diterima oleh Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan SDM Yakub Husain dan Asisten I Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Sofyan Saraha di Ruang Rapat Wali Kota Tidore Kepulauan, Rabu (14/9/22) kemarin.

Dalam Rapat Tersebut Yakub Hussain menjelaskan, diadakannya Sail Tidore tahun 2022 merupakan bagian dari peringati Sejarah Kedatangan Spanyol di Tidore pada tahun 1521.

Dimana pada tahun 1521 Kapal Spanyol dalam Ekspedisi keliling dunia pertamanya yang dipimpin oleh Magellan dan Juan Sebastian de Elcano.

Dicatat sebagai sebuah ekspedisi maritim penting Eropa pada abad Ke-16 atau 500 tahun lalu.

Meskipun begitu Pelaksanaan Sail Tidore 2022 masih menunggu rapat tingkat menteri, atau Keputusan dari Panitia Pusat yakni Kemenko Bidang Maritim.

“Sail Tidore ini dilaksankan karena sebagai peringatan Ekspedisi maritim pada abad Ke-16 atau 500 tahun yang lalu dan merupakan Hadiah dari Pemerintah Pusat Kepada Tidore"

"Karena ada keterkaitan sejarah tersebut, dan Sail Tidore 2022, hingga saat ini,masih menunggu keputusan dari Panitia Pusat”. Jelas Husain.

Baca juga: Cap Ali Ibrahim: Sail Tidore 2022 Jadi Momentum Pengembangan Wisata di Tidore

Baca juga: Dinas Perhubungan Siapkan 15 Unit Mini Bus untuk Tamu Sail Tidore 2022

Kepala Tim Mabes TNI-AL Kolonel Marinir 10792/P Suliono, dalam rapat tersebut menyampaikan tujuan dari survey yang dilakukan oleh TNI AL, untuk melihat kesiapan Sail Tidore.

“Terima Kasih saya dan rombongan ucapkan kepada Pemerintah Kota Tidore Kepulauan yang telah menyambut kami dengan baik dan memberikan kami izin untuk melakukan pemantauan lokasi acara," ucap Suliono.

Halaman
12
Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved