Wisata Morotai

Wisata Morotai Pulau Rao Terkenal Dengan Pantai Nan Indah dan Buah Durian yang Lezat

Karena masuk ke dalam Kawasan Strategis Nasional, wisata Pulau Rao wajib anda kunjungi bila datang ke Pulau Morotai, Maluku Utara.

Penulis: Fizri Nurdin | Editor: Munawir Taoeda
Tribunternate.com/Fizri Nurdin
KAWASAN: Pulau Rao sebagai Wisata Morotai memiliki pantai sangat indah, Pulau Rao merupakan salah satu kecamatan yang baru dimekarkan dan keunikan pulau ini memiliki tempat wisata yang banyak ada, wisata batu kopi, dan wisata tanjung garam, Jumat (16/9/2022). 

TRIBUNTERNATE.COM - Kecamatan Pulau Rao di Pulau Morotai, merupakan salah satu pulau, yang memiliki keindahan Wisata Morotai yang komplit.

Kecamatan Pulau Rao masuk dalam Kawasan Strategis Nasional (KSN) sebagai Wisata Morotai, memiliki lima desa yakni Desa Posi-posi, Desa Leoleo Rao (pusat kecamatan), Desa Lao Madoro, Desa Aru Burung, dan Desa Saminya Mau.

Kecamatan Pulau Rao sebagai Wisata Morotai terdiri dari dua pulau, Pulau Rao dan Pulau Saminya Mau, yang dimekarkan pada tahun 2020 sebagai kecamatan baru, yang sebelumnya tergabung pada Kecamatan Morotai Selatan Barat.

Salah satu kecamatan wisata ini memiliki jumlah penduduk kurang lebih 5 ribu lebih dengan jumlah kepala Keluarga 1000 ribu sekian.

Baca juga: Harga Rempah Ternate Jumat 16 September 2022, Harga Cengkeh Masih Bertahan di Posisi Aman

Untuk menuju wisata Pulau Rao, wisatawan bisa menggunakan speedboat, dari Pelabuhan Daruba ke Desa Posi-posi selama 45 menit.

Selain itu, wisatawan bisa mengambil rute dari Daruba, menggunakan kendaraan roda empat, menuju Wayabula Kecamatan Morotai Selatan Barat.

Barulah menyeberang menggunakan taksi-taksi laut atau perahu kecil, dengan waktu tempuh kurang lebih 10 menit.

Kepada TribunTernate.com, Sekretaris Desa Posi-posi, Frenki Mansa mengatakan Pulau Rao merupakan salah satu kecamatan, yang juga masuk salah satu wisata yang ada di Pulau Morotai.

"Pulau Rao ini banyak tempat wisata, dan menariknya kita disini ada wisata tanjung garam, dan wisata batu kopi yang masuk dalam Destinasi Wisata kabupaten Pulau Morotai,"katanya, Jumat (16/9/2022)

Frenki Mansa menjelaskan, mata pencaharian masyarakat di Pulau Rao rata-rata adalah nelayan dan petani.

"Disini rata-rata mata pencaharian itu nelayan, dan petani perkebunan, ada nelayan tangkap ikan dasar dan rumpon, "jelasnya.

Baca juga: Jadwal Kapal Ternate Hari Ini, 16 Septermber 2022: KM Sinabung Rute Ternate-Makassar-Surabaya

"Kita disini kebanyakan Wisatawan Lokal maupun wisatawan mancanegara biasanya mereka berkunjung, kadang mereka banyak di pantai untuk berselancar dan Snorkeling, disini juga punya terumbu karang yang sangat bagus, pantai dan Ombak untuk berselancar juga bagus, "sambungnya.

Selain kata Frenki Mansa, keunikan Pulau Rao ini punya durian terkenal di Pulau Morotai.

"Kita di posi-posi Rao ini terkenal dengan buah durian, kalau musiman itu banyak sekali, rasanya beda dengan durian lain. "pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved