Surya Paloh Resmikan Kantor Nasdem Malut

Surya Paloh: Masak Orang Jawa Saja Jadi Presiden, Orang Luar Jawa Tak Pernah Ada Benarnya

Surya Paloh menyindir soal presiden yang selalu berasal dari Jawa, di acara peresmian kantor DPW NasDem Maluku Utara Jl Sultan Baabulah Ternate.

Editor: Munawir Taoeda
Tribunternate.com/Istimewa
Ketum Umum Partai NasDem, Surya Paloh, saat menyampaikan sambutan di Peresmian Kantor Nasdem Maluku Utara di Jl Sultan Babullah, Kelurahan Makassar Timur, Ternate, Kamis (22/9/2022). Surya Paloh singgung soal Presiden yang selalu berasal dari Jawa. 

TRIBUNTERNATE.COM, TERNATE - "Masak orang jawa saja jadi presiden, orang luar Jawa tak pernah jadi, ada benarnya pernyataan itu.." kata Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh (71), saat memberi sambutan dalam peresmian Kantor Partai NasDem di Jl Sultan Babullah, Kampung Makassar Timur, Ternate, Maluku Utara, Kamis (22/9/2022) siang.

Surya Paloh mengutip pernyataan dan asumsi sebagian orang tentang cara berpikir yang masih bernuansa suku, agama, ras dan antarGolongan (SARA) dalam perilaku kebangsaan dan bernegara di Indonesia, dewasa ini.

Sehari sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, juga menyatakan pernyataan senada.

Kala berbincang dengan Rocky Gerung di acara Menatap Indonesia Pasca 2024, di kanal YouTube RGTV Channel ID, Rabu (21/9/2022), Luhut menyebut, warga di luar Pulau Jawa sebaiknya tidak memaksakan diri untuk mendaftar sebagai presiden atau capres.

Baca juga: PK-OSP, Private Jet Dipakai Surya Paloh ke Ternate Pernah Ditumpangi Jokowi dan Sandera Abu Sayyaf

"Apa hanya dengan menjadi presiden, kau bisa mengabdi? Kan tidak juga. Harus tahu diri juga. Kalau kau bukan orang Jawa, pemilihan langsung hari ini saya tidak tahu 25 tahun lagi sudah lupakan saja, "kata Luhut.

Pernyataan Surya Paloh di Maluku Utara itu, tidak secara spesifik menyebut menanggapi pernyataan koleganya dari partai Golkar dulu.

Surya Paloh mengemukakan itu dalam konteks pola dan cara berpikir sebagian masyarakat Indonesia, beberapa dekade terakhir.
"Isu sara dominan dalam perilaku kebangsaan kita. Orang negara sudah ke bulan, kita masih berpikir sektarian, kesukuan dan strata sosial," ujarnya bersemangat.

Surya Paloh tiba di Maluku dengan agenda utama peresmian gedung Nasdem. Ini adalah salah sayu gedung partai termewah dan terbesar di kawasan timur Indonesia.

Baca juga: Di Depan Surya Paloh, Ketua Nasdem Malut Cerita Suka Duka Bangun Kantor dan Minta Jangan Main Tiktok

Ketua DPW Partai Nasdem Ahmad Hatari menyebut, pembangunan kantor Nasdem ini atas arahan Ketua Umum DPP Nasdem.
"Saya disuruh Pak Ketum ke ujung Sumatera, melihat kantor Partai NasDem di ujung Sumetara, Aceh, dan Medan. Lalu diminta kembali membangun dan melaporkan pembangunan gedung Nasdem ini."

Dari Jakarta, ikut mendampingi Surya Paloh ke Ternate antara lain, Wakil Ketua DPR-RI dari Fraksi Nasdem, Rahmat Gobel.
Ketua DPW Nasdem Bali sekaligus anggota DPR RI dari Nasdem Julia Leskodat.

Hadir juga Duta Besar RI dan Berkuasa Penuh RI untuk Polandia Peter F Gontha. Juga disebutkan namanya oleh Ketua DPW Nasdem Maluku Utara antara lain sejumlah fungsionaris Nasdem, Luki Lion, Herwani Wasekjen DPP Nasdem, Rini Subroto, staf khusus SP, Dr Khaeruddin, dokter pribadi SP, Nini Idra Saleh, eks sekretaris jenderal DPR-RI dan Hendrik, fungsionaris DPD Nasdem.

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved