5 Trik Ampuh Cara Memasak Sagur agar Nilai Gizinya Tidak Hilang Percuma

Cara memasak sayur yang salah dapat meningkatkan atau menghilangkan manfaatnya untuk kesehatan

Pixabay
Sayuran 

TRIBUNTERNATE.COM - Menu makanan berupa sayuran memang sangat penting gizinya bagi tubuh.

Namun terkadang banyak orang yang belum mengerti cara mengolah sayur dengan benar agar nilai gizi di dalamnya tidak hilang sia-sia.

Sepeti diketahui, sayuran pada umumnya baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, karena kaya akan serat, vitamin, dan mineral.

Apalagi, untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, yang merupakan garis pertahanan pertama tubuh terhadap virus dan penyakit seperti flu dan virus corona.

Namun, tahukah kamu, cara memasak sayur yang salah dapat meningkatkan atau menghilangkan manfaatnya untuk kesehatan?

"Meskipun dengan dimasak membuat banyak jenis sayuran lebih mudah dicerna, memasaknya terlalu lama pada suhu tinggi, atau dengan air terlalu banyak akan mengubahnya menjadi bubur hambar dan menghilangkan nutrisi," kata Clare Collins, profesor nutrisi dan dietetika dan direktur penelitian di Universitas Sekolah Ilmu Kesehatan Newcastle di Australia.

Perangi Corona, Ini Deretan Kearifan Lokal Warga, Masak Sayur Lodeh 7 Rupa hingga Ritual Tolak Bala

Tak Malu Bantu Orangtua Jualan Nasi Sayur di Alkid Solo, Kisah Sarjana Cantik Berhijab Ini Viral

"Ini terutama terjadi pada sayuran yang mengandung vitamin yang larut dalam air (seperti vitamin C, B1, B2, B3 dan folat)," tambahnya.

"Mineral seperti kalsium, potasium, besi dan seng, yang tidak larut dalam air, juga dapat larut ketika struktur utama rusak dengan waktu memasak yang lama."

Di sisi lain, memasak juga dapat memperkuat nilai gizi beberapa sayuran.

"Memasak dapat meningkatkan ketersediaan vitamin, mineral, dan fitonutrien spesifik (yang memberi warna pada tanaman dan memiliki manfaat antioksidan dan kesehatan lainnya) yang terikat pada struktur di dalam sayuran, termasuk berbagai jenis serat atau struktur di dalam sel," kata Collins.

Halaman
1234
Editor: Sri Handayani1
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved