Breaking News:

Kemenaker Sebut Jadwal Pencairan BLT Subsidi Gaji Rp 600 Ribu Termin II Akhir Oktober 2020

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menyalurkan BLT Rp 600 ribu pada 11.950.300 karyawan swasta bergaji di bawah Rp 5 juta pada termin I.

Editor: Sri Handayani1
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
BANTUAN TUNAI 

TRIBUNTERNATE.COM - Karyawan swasta tengah menantikan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 600 Ribu.

Di mana BLT atau yang disebut Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp 600 ribu bagi karyawan swasta termin II dikabarkan akan cair akhir bulan ini.

Diketahui, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menyalurkan BLT Rp 600 ribu pada 11.950.300 karyawan swasta bergaji di bawah Rp 5 juta pada termin I.

Penyaluran BLT Rp 600 Ribu pada termin I dilakukan dalam lima tahap.

Lantas kapan BLT subsidi gaji Rp 600 Ribu termin II akan cair?

Baca juga: Kemenaker Sebut Penyaluran Bantuan Subsidi Gaji Termin II Paling Lambat Awal November

Baca juga: Siap-siap! Subsidi Gaji Rp 600 Ribu Tahap V Akan Ditransfer Besok

Ilustrasi BLT. Selain karyawan swasta dan pemerintah, para tenaga honorer juga berkesempatan dapat BLT Rp 600 ribu dari pemerintah.
Ilustrasi BLT. Selain karyawan swasta dan pemerintah, para tenaga honorer juga berkesempatan dapat BLT Rp 600 ribu dari pemerintah. (Tribunnews.com)

Terkait hal tersebut, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menuturkan, BLT subsidi gaji termin II akan mulai disalurkan pada akhir Oktober 2020.

"Kami targetkan termin II mulai disalurkan pada akhir Oktober 2020 atau paling lambat penyalurannya akan dimulai awal November nanti," jelas Menaker Ida Fauziyah, diketerangannya, Kamis (15/10/2020).

Diwartakan Tribunnews.com sebelumnya, Ida juga menjelaskan, dengan anggaran mencapai Rp 37,7 triliun, program bantuan pemerintah berupa subsidi gaji/upah ditargetkan bagi 15,7 juta pekerja yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan (per 30 Juni 2020).

Meski demikian, hingga batas akhir penyerahan data penerima, data yang dikumpulkan dan diserahkan BPJS Ketenagakerjaan hanya mencapai 12.272.731 pekerja/buruh.

"Sisa anggaran akan diserahkan kembali ke Bendahara Negara. Rencananya, akan disalurkan untuk subsidi gaji/upah bagi guru honorer dan tenaga pendidik , baik di lingkup Kemendikbud maupun Kemenag," kata Menaker Ida.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved