Breaking News:

Setahun Pemerintahan Jokowi

Setahun Jokowi-Ma'ruf Amin: Sederet Pernyataan Kontroversial hingga Prediksi Puncak Pandemi Covid-19

Selama lebih dari separuh tahun pertama menjabat, pemerintahan Jokowi-Ma'ruf dihadapkan pada persoalan pandemi Covid-19.

Istimewa via Tribunnews.com
Presiden terpilih dan wakil presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi) dan Kiai Maruf Amin 

TRIBUNTERNATE.COM - Satu tahun sudah Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin negeri ini.

Sebagaimana diketahui, keduanya dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2019.

Selama lebih dari separuh tahun pertama menjabat, pemerintahan Jokowi-Ma'ruf dihadapkan pada persoalan pandemi Covid-19.

Persoalan ini mulai mencuat pada bulan kelima masa pemerintahan, tepatnya pada 2 Maret 2020 saat kasus Covid-19 pertama kali dikonfirmasi ada di Indonesia.

Kini, pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama lebih dari tujuh bulan di Indonesia. Penularan Covid-19 terus terjadi dan bahkan belum menunjukkan tanda-tanda kasus melandai.

Sampai saat ini tercatat ada 365.240 kasus positif Covid-19 di Indonesia yang terjadi di 501 kabupaten/kota. Covid-19 juga telah memakan korban jiwa sebanyak total 12.617 orang.

Sementara, sebanyak 289.243 orang berhasil sembuh dari penyakit yang disebabkan virus corona itu. Kurva kasus harian Covid-19 yang tak kunjung menurun dinilai banyak kalangan tak lepas dari kesalahan langkah pemerintah dalam merespons bencana nonalam ini sejak awal.

Pernyataan kontroversial

Ketika sikap waspada dan antisipatif harus diambil, pemerintah justru menganggap virus corona seolah tak terlalu berbahaya. Pemerintah juga menganggap virus yang awalnya berkembang di China itu tidak akan menulari masyarakat Indonesia.

Hal itu tercermin dalam beberapa pernyataan kontroversial para pejabat yang tak menunjukkan sikap antisipatif bila virus corona menular hingga ke Indonesia.

Halaman
1234
Editor: Rohmana Kurniandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved