Breaking News:

Dikenal sebagai Algojo Para Koruptor, Ini Deretan Koruptor yang Vonisnya Diperberat Artidjo Alkostar

Berikut deretan koruptor yang vonisnya diperberat mendiang Artidjo Alkostar, dari koruptor e-KTP, Irman dan Sugiharto, hingga kasus suap OC Kaligis.

Penulis: Qonitah Rohmadiena
Editor: Rohmana Kurniandari
Tribunnews.com
Artidjo Alkostar, anggota Dewan Pengawas KPK, meninggal dunia. 

TRIBUNTERNATE.COM - Mantan hakim Mahkamah Agung (MA) dan juga anggota Anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK, Artidjo Alkostar meninggal dunia.

Artidjo tutup usia di umur 72 tahun pada Minggu (28/2/2021) pukul 14.00 WIB.

Sosok yang dikenal sebagai algojo para koruptor ini diketahui kerap memperberat vonis hukuman bagi para koruptor.

Berikut adalah deretan koruptor yang vonisnya diperberat oleh mendiang Artidjo Alkostar, mulai dari koruptor e-KTP, Irman dan Sugiharto, kasus korupsi Angelina Sondakh, hingga kasus suap oleh OC Kaligis.

1. Artidjo Perberat Hukuman Koruptor e-KTP

Terdakwa mantan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Irman dan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Sugiharto menjalani sidang perdana kasus dugaan korupsi pengadaan paket penerapan e-KTP di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (9/3/2017).
Terdakwa mantan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Irman dan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Sugiharto menjalani sidang perdana kasus dugaan korupsi pengadaan paket penerapan e-KTP di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (9/3/2017). (Kompas.com)

Artidjo yang pada saat itu bertugas sebagai salah satu anggota Hakim Agung di MA, memperberat hukuman terhadap dua mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri, Irman dan Sugiharto atas kasus korupsi e-KTP menjadi 15 tahun penjara.

Kedua terdakwa dalam kasus pengadaan kartu tanda penduduk berbasis elektronik (e-KTP) itu divonis masing-masing 15 tahun penjara. 

"Kedua terdakwa hukumannya sama-sama diperberat menjadi 15 tahun," ujar Juru Bicara Mahkamah Agung Suhadi Kamis (19/4/2018), dikutip dari Kompas.com

Vonis kasasi itu diputus oleh tiga Hakim Agung, salah satunya yakni Artidjo Alkostar.

Dua Hakim Agung lainnya adalah MS Lumme, dan Abdul Latif, pada Rabu

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved