Breaking News:

Virus Corona

Dua Varian Baru Covid-19, B117 dan N439K Terdeteksi di Indonesia: Salah Satu Ada yang Lolos Antibodi

Ketua Umum IDI mengatakan, varian virus corona N439K sudah ditemukan di 30 negara dan lebih "pintar" dari virus corona yang ada sebelumnya.

Editor: Rizki A
Kompas.com
Ilustrasi Virus Corona. 

TRIBUNTERNATE.COM - Sudah lebih dari satu tahun pandemi virus corona penyebab penyakit Covid-19 merebak di seluruh dunia.

Selama kurun waktu itu pula, virus corona SARS-CoV-2 tersebut terus bermutasi.

Hal ini telah diakui oleh Kementerian Kesehatan RI dan pemerintah pun memastikan kewaspadaan terhadapnya.

"Mutasi selalu dipantau oleh pemerintah karena memang kita tahu bahwa mutasi itu selalu terjadi dan memang itu karakter dari virusnya," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Menular Langsung Ditjen P2P Kementerian Kesehatan Siti Nadia, Minggu (14/3/2021), dikutip dari Antara.

"Sejak awal pandemi Covid-19 sudah disampaikan bahwa memang negara harus memperhatikan terkait mutasi-mutasi virus ini," tambahnya.

Di Indonesia sendiri, yang sudah dipastikan masuk adalah mutasi corona B117.

Sementara untuk N439K, meski sudah terdeteksi sejak November 2020, pemerintah belum dapat memastikan apakah sudah ada kasus untuk mutasi virus ini.

Mutasi virus corona B117

Mutasi virus corona B117 diumumkan masuk ke Indonesia pada Selasa (2/3/2021) oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

Hingga saat ini, terdapat enam kasus mutasi virus corona B117 yang tersebar di lima provinsi, yaitu Jawa Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved