Breaking News:

Munarman Diduga Terkait Baiat ISIS, Ini Pembelaan Kuasa Hukum

Terkait dugaan itu, pengacara Munarman, Aziz Yanuar, menyebutkan bahwa Munarman sudah mengklarifikasi di media bahwa dirinya hanya memberi ceramah.

KOMPAS.com/Muhamad Isa Bustomi
Mantan petinggi ormas FPI, Munarman saat tiba di Polda Metro Jaya usai ditangkap Densus 88 Antiteror di Perumahan Modern Hill, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, Selasa (27/4/2021) sore. 

TRIBUNTERNATE.COM - Mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI), Munarman, ditangkap Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri di rumahnya di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan.

Penangkapan pria yang juga merupakan kuasa hukum Rizieq Shihab tersebut disebut diduga karena terkait kegiatan baiat terhadap Negara Islam di Irak dan Suriah atau NIIS/ISIS yang dilakukan di Jakarta, Makassar, dan Medan.

Terkait dugaan tersebut, kuasa hukum Munarman, Aziz Yanuar, menyebutkan bahwa Munarman sudah beberapa kali melakukan klarifikasi di media bahwa dirinya hanya memberikan ceramah. 

“Beliau sudah klarifikasi beberapa kali kan, mengenai kabar-kabar di media, bahwa terkait dengan baiat itu beliau hanya memberikan ceramah, pencerahan lah seperti itu,” kata Aziz dikutip dari pernyataannya melalui sambungan telepon yang disiarkan di kanal Youtube KompasTV Selasa (27/4/2021).

Aziz mengatakan, keberadaan Munarman untuk memberikan ceramah tersebut justru untuk memberikan pencerahan agar tidak terjebak dalam upaya terorisme.

“Justru ceramah itu isinya supaya tidak mudah untuk terjebak dalam upaya-upaya yang memancing untuk melakukan teror,” terangnya.

Aziz menegaskan bahwa baik Munarman maupun FPI menolak perilaku dan tindakan terorisme.

“Sekali lagi beliau menolak, sama dengan FPI dan Habib Rizieq, menolak tegas, perilaku atau tindakan-tindakan terorisme,” tegasnya.

Baca juga: Munarman Ditangkap Densus 88 Diduga Terkait Baiat ISIS, Pengacara: Itu Merupakan Bentuk Fitnah

Baca juga: Pengacara Rizieq Shihab Ditangkap Densus 88 Terkait Dugaan Terorisme, Berikut Rekam Jejak Munarman

Aziz menekankan bahwa Munarman hanya mengisi acara yang diadakan oleh pihak yang mengundangnya.

“Informasinya sudah jelas bahwa beliau itu disitu dalam rangka mengisi acara, sudah beberapa kali dijelaskan. Mengisi acara yang diadakan oleh pihak yang mengundang,” lanjutnya.

Halaman
123
Penulis: Qonitah Rohmadiena
Editor: Rohmana Kurniandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved