Breaking News:

Diperpanjang hingga Agustus 2021, Ini Kriteria Warga yang Berhak Menerima Bansos Rp300 Ribu

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) nyatakan bakal memperpanjang bantuan sosial tunai (BST) senilai Rp300 ribu hingga Agustus 2021.

WARTA KOTA/NUR ICHSAN
ILUSTRASI Terima BST Rp300 ribu. - Dalam foto: Warga penerima manfaat di Rt 05/04 Kelurahan Duri Selatan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barst, sedang antri untuk mencairkan bantuan sosial tunai (BST), yang disalurkan langsung petugas OT POS Indonesia, Minggu (18/4/2021). 

TRIBUNTERNATE.COM – Kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat akan segera berlaku pada 3 Juli hingga 20 Juli 2021 mendatang.

Pembatasan ini tentu akan berdampak pada masyarakat menengah ke bawah serta para pekerja yang bergantung pada penghasilan harian.

Oleh sebab itu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan memperpanjang bantuan sosial tunai senilai Rp300 ribu hingga dua bulan ke depan.

Hal ini, kata Kemenkeu, dilakukan untuk menyesuaikan dengan kebijakan PPKM darurat yang diterapkan pemerintah.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani mengatakan, bantuan tunai ini nantinya akan diberikan kepada 10 juta keluarga kurang mampu dengan sejumlah syarat.

"Bantuan sosial tunai kita diperpanjang dua bulan, terutama untuk meringankan masyarakat yang terdampak pelaksanaan PPKM darurat.”

“Seperti diketahui BST ini adalah untuk 10 juta (keluarga) yang tidak mampu, keluarga miskin, dan kriterianya adalah mereka yang belum menerima program PKH dan kartu sembako," ujarnya saat konferensi pers secara virtual, Jumat (2/7/2021). 

Selain itu, kriteria lainnya, yakni mereka yang memiliki nomor induk kependudukan (NIK), kartu keluarga, dan telepon untuk bisa dihubungi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani nyatakan akan memperpanjang bantuan sosial tunai (BST) Rp300 ribu selama dua bulan ke depan.
Menteri Keuangan Sri Mulyani nyatakan akan memperpanjang bantuan sosial tunai (BST) Rp300 ribu selama dua bulan ke depan. (KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)

Baca juga: Sri Mulyani: Pemerintah Tidak Kenakan Pajak pada Sembako yang Dijual di Pasar Tradisional

Baca juga: Ini Sederet Nama Pejabat Kemensos dan BPK yang Diduga Terima Dana Korupsi Bansos Covid-19

Sri Mulyani menjelaskan, BST selama ini sudah diberikan untuk 9,6 juta kelompok penerima manfaat (KPM) dengan anggaran Rp11,94 triliun untuk penyaluran Januari hingga April.

"Itu dilakukan setiap bulannya dengan indeks Rp300 ribu per kelompok penerima per bulan.”

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved