Breaking News:

Manfaat Daun Pandan

Manfaat Daun Pandan untuk Detoksifikasi Racun dalam Tubuh dan Obat Pencahar Ringan bagi Anak

Berikut manfaat daun pandan untuk detoksifikasi racun dalam tubuh serta obat pencahar ringan bagi anak, ini penjelasannya...

Penulis: Ronna Qurrata Ayun | Editor: Rizki A
123RF via Women's Weekly
ILUSTRASI Daun pandan. Manfaat daun pandan untuk detoksifikasi racun dalam tubuh serta obat pencahar ringan bagi anak 

TRIBUNTERNATE.COM - Simak manfaat daun pandan untuk detoksifikasi racun dalam tubuh serta obat pencahar ringan bagi anak.

Masyarakat di Asia Tenggara tentu sudah tidak asing dengan daun pandan yang sering kali dimanfaatkan sebagai penambah aroma masakan.

Namun lebih dari itu, daun pandan ternyata juga bermanfaat bagi tubuh manusia untuk menjaga kesehatan.

Diketahui, sudah sejak lama daun pandan digunakan sebagai obat tradisional yang berguna untuk mengatasi masalah kesehatan.

Penelitian yang membahas tentang manfaat daun pandan memang belum banyak, namun beberapa di antaranya menyebut bahwa daun pandan berpotensi mengatasi masalah kesehatan.

Mengutip Journal of Pharmaceutical Sciences and Research, daun pandan terbukti memiliki banyak khasiat karena kandungannya.

ILUSTRASI Daun Pandan.
ILUSTRASI Daun Pandan. (Pinterest/Garden Fresh N Healthy)

Daun pandan mengandung lignan, berupa lavon, senyawa fenolik, steroid, saponin, terpenoid, glikosida, tanin, flavonoid dalam ekstraknya.

Selain itu, tanaman ini juga memiliki sifat obat multifaset seperti antikonvulsan, anti-oksidan, anti-virus, anti-diabetes, antiinflamasi, neuroprotektif, analgesik, antineoplastik, anti mikroba, dan anti diuretik.

Hal tersebut, menurut penelitian, bisa digunakan untuk mengobati enuresis nokturnal atau perilaku mengompol di malam hari pada anak.

Tak berhenti sampai di situ, minyak yang dihasilkan dari daun pandan juga bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala, sakit telinga, dan pegal linu.

Baca juga: Manfaat Daun Pandan untuk Masker Wajah, Rahasia Kecantikan Wanita Kendari, Sulawesi Tenggara

Baca juga: Manfaat Daun Pandan untuk Mengatasi Rambut Rontok, Kurangi Kerontokan dengan Buat Ramuan Ini

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved