Breaking News:

Sindrom Guillain-Barre, Efek Samping Langka Vaksin AstraZeneca dan Johnson & Johnson Menyerang Saraf

Sindrom Guillain-Barré (GBS) adalah penyakit autoimun serius memengaruhi bagian mana saja dari sistem saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang.

Penulis: Qonitah Rohmadiena | Editor: Rohmana Kurniandari
Freepik
Ilustrasi kursi roda - Menjadi salah satu efek samping langka vaksin Covid-19 AstraZeneca dan Johnson & Johnson, Sindrom Guillain-Barré (GBS) adalah penyakit autoimun serius yang langka yang dapat memengaruhi bagian mana saja dari sistem saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang. 

TRIBUNTERNATE.COM -  Badan Pengawas Obat Eropa (EMA) telah menambahkan gangguan kerusakan saraf yang sangat langka, sindrom Guillain-Barre (GBS), sebagai kemungkinan efek samping dari vaksin Covid-19 AstraZeneca.

EMA menyatakan ada hubungan sebab akibat antara sindrom GBS dan suntikan vaksin AstraZeneca, setelah ditemukannya 833 kasus sindrom GBS yang dilaporkan dari 592 juta dosis vaksin yang diberikan di seluruh dunia mulai 31 Juli 2021.

Selain itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat (AS) juga telah menambahkan peringatan tentang sindrom GBS sebagai kemungkinan efek samping dari vaksin Johnson & Johnson.

Lantas, seperti apa Sindrom Guillain-Barré (GBS) dan bagaimana pengobatannya?

Melansir Medical News Today, Sindrom Guillain-Barré (GBS) adalah penyakit autoimun serius yang langka yang dapat memengaruhi bagian mana saja dari sistem saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang.

Sistem saraf ini disebut sistem saraf perifer.

Penyakit autoimun menyebabkan sistem kekebalan menyerang dan menghancurkan kelompok sel sehat tertentu.

Dalam kasus GBS, ia menyerang selubung mielin saraf perifer yang bertugas melapisi akson saraf.

Myelin membantu sel-sel saraf yang panjang dan tipis ini menyampaikan pesan ke sumsum tulang belakang dan otak.

Dalam beberapa kasus, GBS juga menyerang akson itu sendiri.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved