Breaking News:

Covid-19 di Indonesia Lebih Rendah dari Singapura, dr Tirta Sebut Ini Terjadi karena 'Imun Natural'

Dokter tirta mengatakan bahwa imun natural diduga jadi faktor penting yang berhasil membuat kasus Covid-19 di Indonesia menurun drastis. Apa itu?

Instagram/dr.tirta
Dokter sekaligus influencer dr. Tirta Mandira Hudhi mengatakan bahwa para peneliti menduga imun natural dimiliki oleh masyarakat Indonesia dan membuat kasus Covid-19 di negara ini dapat dikendalikan dan stabil. 

TRIBUNTERNATE.COM - Dokter sekaligus influencer Tirta Mandira Hudhi atau yang lebih akrab disapa dengan nama Dokter tirta mengatakan bahwa imun natural diduga jadi faktor penting yang berhasil membuat kasus Covid-19 di Indonesia menurun drastis.

Seperti diketahi, meskipun tingkat vaksinasi Indonesia masih 40 persen, namun positivity rate Covid-19 di negara ini dalam tujuh hari terakhir konsisten berada di bawah 1 persen.

Sementara, Singapura justru menghadapi lonjakan Covid-19 dengan rata-rata kasus harian sebanyak 2.279, padahal 80 persen warga negaranya telah divaksinasi.

Hal ini, kata dokter Tirta, cukup membuat sejumlah pihak, khususnya para ahli, merasa heran hingga muncullah beberapa dugaan.

Salah satu dugaan yang paling kuat yakni adalah masyarakat Indonesia telah memiliki imun natural yang membuat kasusnya kini melandai meskipun tingkat vaksinasi belum tinggi.

Hal tersebut disampaikan oleh dokter Tirta dalam sebuah video di kanal YouTube Tirta PengPengPeng yang tayang pada Minggu (3/9/2021).

Baca juga: Positivity Rate Covid-19 Indonesia Capai Angka 1%, dr Tirta Ingatkan untuk Tak Buru-Buru Traveling

Baca juga: Covid-19 Indonesia Membaik, dr Tirta Beberkan 4 Hal yang jadi Faktor Utama Penurunan Angka Kasus

Dokter Tirta menegaskan bahwa vaksinasi dan fasilitas kesehatan di Indonesia belum sebagus seperti Singapura.

Selain itu, lanjut Tirta, kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Indonesia pun tidak seketat yang dilakukan oleh Singapura.

Namun, dengan berbagai kekurangan itu, Indonesia justru mampu mengendalikan kasus Covid-19 yang kini bahkan sudah terbilang stabil.

"Indonesia itu vaksinasinya belum setinggi Singapura, Singapura sudah 80 persen, Indonesia masih 40 persen."

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved