Breaking News:

Elektabilitas Prabowo Masih Tertinggi, PKB: Maklum Saja, karena Sudah Dua Kali Nyalon Presiden

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan, maklum jika elektabilitas Prabowo saat ini masih yang tertinggi.

Editor: Rizki A
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengikuti rapat di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/11/2019). 

TRIBUNTERNATE.COM - Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk "Partai dan Calon Presiden: Kecenderungan Sikap Pemilih Menjelang 2024" telah dirilis.

Diketahui, survei opini publik itu digelar pada 15-21 September 2021 dengan metode tatap muka atau wawancara langsung.

Dalam survei, terdapat 981 responden yang valid terpilih secara acak (multistage random sampling) dari seluruh populasi Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah. 

Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar kurang lebih 3,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).

Survei SMRC terbaru tak hanya memaparkan elektabilitas partai politik, tetapi juga nama-nama yang potensial untuk dipilih sebagai calon presiden (capres) untuk pemilihan presiden selanjutnya. 

Beberapa nama tokoh pun mencuat untuk maju sebagai calon presiden.

Dalam simulasi pilihan semi terbuka, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendapatkan dukungan 18,1 persen, disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 15,8 persen, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 11,1 persen. 

Sementara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendapatkan 4,8 persen dan nama-nama lain di bawah 4 persen.

Ada 16,3 persen yang tidak menjawab atau tidak tahu.

Perolehan elektabilitas Prabowo Subianto yang paling tinggi dalam survei SMRC ini pun mendapat sorotan, termasuk dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved