Virus Corona

Moderna Siap Pasarkan Vaksin Covid Khusus Omicron pada Agustus Mendatang

Perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat, Modern, mengatakan vaksin booster khusus Omicron siap dipasarkan pada Agustus 2022 mendatang.

AFP
Ilustrasi vaksin Covid-19 Moderna - Perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat, Modern, mengatakan vaksin booster khusus Omicron siap dipasarkan pada Agustus 2022 mendatang. 

TRIBUNTERNATE.COM - Perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat, Moderna, mengatakan vaksin booster khusus Omicron siap dipasarkan pada Agustus 2022 mendatang.

Saat ini perusahaan itu masih mengumpulkan data klinis untuk menentukan apakah vaksin itu akan menawarkan perlindungan yang lebih baik dibandingkan vaksin yang telah ada.

Bulan lalu, Moderna memulai uji klinis untuk dosis booster yang dirancang khusus untuk menargetkan Omicron.

Tetapi hasil awal dari penelitian pada monyet menunjukkan bahwa suntikan khusus Omicron mungkin tidak menawarkan perlindungan yang lebih kuat daripada dosis baru vaksin yang ada.

Mengutip The Strait Times, CEO Moderna Stephane Bancel mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa, perusahaan tersebut bertujuan untuk menyiapkan booster pada Agustus 2022.

Baca juga: Terungkap Kemanjuran Vaksin Booster Pfizer dan Moderna Menurun Setelah 4 Bulan Disuntikkan

Baca juga: Benarkah Omicron Hanya akan Timbulkan Gejala Ringan? Ini Mitos dan Fakta Seputar Covid-19 Omicron

ILUSTRASI Pemberian vaksin Covid-19 di Afrikas. - Dalam foto: Seorang petugas kesehatan memberikan vaksin SINOVAC Covid-19 pada anak di bawah umur selama Uji Klinis Vaksin Covid-19 Numolux/SINOVAC Pediatric di Universitas Ilmu Kesehatan Sefako Makgatho di Pretoria, pada 10 September 2021.
ILUSTRASI Pemberian vaksin Covid-19 di Afrika (AFP/PHILL MAGAKOE)

Booster direncanakan telah siap sebelum musim gugur mendatang ketika kemungkinan orang yang lebih rentan membutuhkannya.

Vaksin Covid-19 Moderna menggunakan teknologi mRNA untuk memicu respons kekebalan, mirip dengan suntikan yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech.

"Kami percaya booster akan dibutuhkan. Saya belum tahu apakah itu akan menjadi vaksin hanya Omicron, atau bivalen: Omicron dan vaksin yang ada, dua mRNA dalam satu dosis," kata Bancel.

Dia menambahkan bahwa keputusan akan dibuat dalam beberapa bulan mendatang ketika data klinis telah tersedia.

Bancel juga menegaskan bahwa di bawah skenario kasus terbaik, Moderna akan siap meluncurkan vaksin-pan yang akan melindungi secara bersamaan terhadap Covid-19, flu, dan penyakit pernapasan lainnya pada Agustus 2023.

Dia menambahkan bahwa harga untuk vaksin yang sedang dikembangkan ini akan sangat mirip dengan yang diterapkan pada vaksin saat ini.

Baca juga: Jenis Vaksin Covid-19 Booster di Indonesia: Setengah Dosis Vaksin Moderna, Pfizer, dan AstraZeneca

Baca juga: Apakah Orang yang Sudah Terpapar Covid-19 Omicron Masih Perlu Vaksinasi Booster?

Meningkatkan penjualan di Eropa

Secara terpisah, Moderna mengumumkan rencana untuk memperluas jaringan komersialnya di Eropa dalam upaya meningkatkan penjualan di benua tersebut.

Vaksin Covid-19 Moderna.
Vaksin Covid-19 Moderna. (Oasissamuel/Dreamstime via openaccessgovernment.org)

"Moderna berencana untuk membangun kehadiran komersial di Belgia, Denmark, Norwegia, Belanda, Polandia dan Swedia untuk mendukung pengiriman vaksin mRNA dan terapi secara lokal," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved