Siap-Siap, Vaksin Booster Covid-19 Bakal Jadi Syarat Mudik Lebaran Tahun 2022

Wakil Presiden Maruf Amin mengungkapkan bahwa pemudik vaksinasi booster Covid-19 akan jadi syarat mudik Lebaran 2022, tak perlu lagi tes Covid-19.

TRIBUNNEWS/JEPRIMA
ILUSTRASI Vaksinasi booster Covid-19 - Vaksin booster akna jadi syarat mudik lebaran 2022. 

TRIBUNTERNATE.COM - bulan Ramadan 1443 Hijriah sudah di depan mata, dengan demikian Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2022 juga sudah semakin dekat.

Lantas, akankah masyarakat bisa menikmati momen lebaran seperti saat dunia masih normal dan virus corona belum menyerang?

Kasus harian Covid-19 sendiri sudah mulai melandai sejak awal Maret 2022, tetapi belum dapat dipastikan apakah situasi akan segera kembali normal.

Sementara itu, dalam upaya agar masyarakat dapat menjalani bulan suci Ramadan dan Hari Raya Lebaran dengan tenang dan nyaman, pemerintah telah menyusun sejumlah rencana.

Salah satu rencana atau aturan yang mungkin akan diberlakukan saat Lebaran 2022 adalah menjadikan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster sebagai syarat mudik lebaran.

Wakil Presiden Maruf Amin mengatakan, pemudik tidak perlu lagi melakukan tes PCR atau antigen untuk bisa pulang ke kampung halaman.

Baca juga: Vaksin Sinovac Hanya Mampu Cegah Penularan Covid pada Balita sebesar 38 Persen

Baca juga: Pfizer Sebut Orang Perlu Vaksin Covid-19 Dosis Keempat, Memang Benar Dibutuhkan atau Bisnis Belaka?

Baca juga: Wajib Segera Booster, Ternyata Perlindungan Vaksin Terhadap Gejala Sedang Berkurang dalam 5 Bulan

"Nanti booster itu kita ingin jadikan syarat kalau nanti orang mau mudik. Selain vaksinasi sudah lengkap dua kali, harus juga sudah di-booster."

"Sehingga demikian tidak perlu ada lagi semacam di-PCR atau di-antigen," ungkap Maruf dalam kunjungan kerja di Bandung, Jawa Barat, Selasa (22/3/2022).

Meski demikian, Maruf mengingatkan bahwa ketentuan itu berlaku apabila tidak ada lonjakan kasus Covid-19 menjelang Lebaran 2022.

Selain itu, Maruf menyebut vaksinasi dosis pertama dan kedua serta vaksinasi booster menjelang Ramadan, khususnya bagi masyarakat lanjut usia, akan terus digenjot.

"Memang masih harus tetap menaati protokol kesehatan seperti menggunakan masker terutama, kemudian juga mencuci tangan, dan juga vaksinasi," papar Maruf.

Artikel ini telah tayang di WartaKotaLive dengan judul Maruf Amin Ungkap Vaksin Booster Bakal Jadi Syarat Mudik Lebaran, Tak Perlu Tes PCR Atau Antigen

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved