Vaksinasi Covid19

Pfizer Sebut Orang Perlu Vaksin Covid-19 Dosis Keempat, Memang Benar Dibutuhkan atau Bisnis Belaka?

CEO Pfizer menyebut bahwa semua orang yang mendapat suntikan vaksin Covid-19 mRNA membutuhkan vaksin dosis keempat. Benarkah?

Penulis: Ronna Qurrata Ayun | Editor: Rizki A
AFP
Vaksin Covid-19 dari Pfizer - CEO Pfizer menyebut bahwa vaksinasi dosis keempat diperlukan oleh orang-orang untuk bisa terlindungi dari Covid-19. 

TRIBUNTERNATE.COM - Baru-baru ini, Chief Executive Officer (CEO) perusahaan pembuat vaksin Pfizer menyebut bahwa semua orang yang mendapat suntikan vaksin Covid-19 dari Pfizer membutuhkan vaksin dosis keempat.

Albert Bourla mengatakan bahwa data milik perusahannya terkait vaksinasi, yang belum dirilis ke publik, telah diserahkan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA).

Kepada CBS Bourla menyatakan bahwa meskipun dosis ketiga vaksin mRNA masih mampu mengurangi risiko rawat inap dan kematian, namun dosis keempat tetap "diperlukan" untuk mencegah kasus infeksi di masa depan.

Seperti dilansir dari The Washington Post, Pfizer berharap dan meminta FDA untuk menyetujui suntikan dosis keempat untuk orang berusia 65 tahun ke atas.

Sementara itu, sebuah studi kecil di Israel menemukan bahwa suntikan vaksin dosis keempat dapat meningkatkan antibodi ke tingkat yang lebih tinggi daripada pasien yang menerima tiga dosis saja.

Baca juga: Perlindungan 3 Dosis Mulai Berkurang, Pfizer Ajukan Izin untuk Vaksin Covid-19 Dosis Keempat

Baca juga: Orang yang Belum Vaksin Covid-19 Berisiko Terinfeksi Varian BA.1 dan BA.2 pada Waktu Berdekatan

Baca juga: Moderna Siap Pasarkan Vaksin Covid Khusus Omicron pada Agustus Mendatang

Namun, Direktur Medis Program Vaksinasi Covid-19 Northwell Health, Matthew Harris menyebut bahwa penelitian itu tidak menemukan data tentang apakah dosis keempat efektif untuk infeksi dari varian Omicron.

"Tampaknya skenario yang lebih mungkin bahwa vaksin Covid-19 akan menjadi bagian dari vaksinasi musiman yang mirip dengan vaksin influenza," kata Harris.

Sejalan dengan Harris, Profesor Klinis di Departemen Farmasi Klinis Fakultas Farmasi Universitas Michigan, Jason Pogue juga setuju bahwa vaksin dosis keempat hanya diperlukan dan diberikan pada waktu dan kondisi tertentu saja.

"Apakah itu dengan vaksin yang tersedia saat ini, vaksin khusus Omicron, vaksin yang ditujukan untuk beberapa varian di masa depan, atau kombinasi dari itu, masih harus ditentukan," katanya dikutip dari WebMD, Jumat (18/3/2022).

LOGO Pfizer - CEO Pfizer menyebut bahwa vaksin dosis keempat diperlukan untuk melindungi seseorang dari Covid-19.
LOGO Pfizer - CEO Pfizer menyebut bahwa vaksin dosis keempat diperlukan untuk melindungi seseorang dari Covid-19. (Anadolu Agency)

Berminat untuk vaksinasi dosis keempat? Tanyakan pada dokter

Jika Anda merasa perlu atau menginginkan suntikan vaksin dosis keempat, hubungilah dokter atau penyedia layanan kesehatan lainnya, terutama jika jaraknya sudah enam bulan lebih sejak dosis terakhir yang Anda dapatkan.

Saat ini, CDC merekomendasikan vaksinasi dan booster untuk semua orang berusia 12 tahun ke atas, dan dua dosis untuk anak yang berusia 5 hingga 11.

Sementara, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah sudah didorong untuk mendapatkan dosis lanjutan lain.

Harris mengimbau orang-orang yang telah sepenuhnya divaksinasi untuk terus menerapkan kebersihan, protokol kesehatan, gaya hidup sehat, dan bila perlu tes Covid-19 berkala.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved