Idul adha 2022

Seekor Sapi dari Tobelo, Halmahera Utara, Jadi Hewan Kurban Presiden Jokowi

Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Maluku Utara, sudah menetapkan sapi kurban milik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penulis: Randi Basri | Editor: Mufrid Tawary
Tribunternate.com/Randi Basri
Seekor Sapi dari Desa Gamsungi, kecamatan Tobelo Barat, Halmahera Utara, Maluku Utara, dietapkan Distan jadi sapi Kurban Presiden Jokowi. Jenis Sapi Ongol berusia 6 tahun ini, bobot hidup 88 kg, lingkar dada 215 Cm, panjang tubuh 175 Cm,dan tinggi gumba 175 Cm. 

TRIBUNTERNATE.COM - Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Maluku Utara, sudah menetapkan sapi kurban milik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Iya sekarang kami sudah melakukan identifikasi dan penetapan hewan kurban Presiden Joko Widodo di Provinsi Maluku Utara," ucap Plt. Kepala Dinas Pertanian Maluku Utara, Muhtar Husen, Minggu (26/6/2022).

Menurutnya, sapi kurban dari orang nomor satu di Indonesia ini akan dibagikan kepada masyarakat setiap perayaan hari raya Idul Adha.

Adapun, seekor Sapi yang sudah ditetapkan itu merupakan  milik Dominggus Loasari, warga Gamsungi, Kecamatan Tobelo Barat, Halmahera Utara.

“Kami sudah menurunkan tim  ke Tobelo, untuk melakukan peninjauan dan pengukuran panjang tubuh, tinggi gumba, dan lingkar dada,” jelasnya.

Baca juga: Belum Diikat Perda, Dinas Pariwisata Halmahera Utara Sudah Pungut Retribusi Objek Wisata

Baca juga: Faktor Usia, Petani Wanita Paruh Baya asal Halmahera Utara Gagal Berhaji Tahun Ini

Dia juga mengaku, setelah diidentifikasi, Sapi jantan tersebut merupakan jenis Sapi Peranakan Ongol, berusia 6 tahun, Bobot hidup 882 kg, Lingkar dada 215 cm, Panjang tubuh 175 cm, dan Tinggi gumba 187 cm.

“Rencananya sapi Presiden ini akan dikirim ke Halmahera Selatan, untuk dikurbankan disana,”kata Muhtar.

Plt. Kepala Dinas Pertanian Maluku Utara  ini memastikan, Sapi Presiden tersebut dalam keadaan sehat dan terbebas dari penyakit mulut dan kuku atau PMK.

“Yang pasti tim dokter telah melakukan pengecekan dan tidak ditemukan adanya gejala apapun,”pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved