Kata Dicky Dermawan, Belum Ada Kenaikan Tarif Tol Laut di Maluku Utara Pasca Kenaikan Harga BBM

Meski harga BBM sudah naik, namun tarif tol laut di Maluku Utara belum alami perubahan.

Penulis: Randi Basri | Editor: Munawir Taoeda
Tribunternate.com/Randi Basri
TARIF: Kepala Kantor Pelni Cabang Ternate, Dicky Dermawan mengungkapkan tarif tol laut untuk wilayah Maluku Utara belum mengalami perubahan meski harga BBM sudah naik, Rabu (14/9/2022). 

TRIBUNTERNATE.COM - Kepala Kantor Pelni Cabang Ternate, Dicky Dermawan menegaskan pasca kenaikan harga BBM, belum ada kenaikan tarif tol laut di Maluku Utara.

Menurutnya, untuk kebijakan Pelni Cabang Ternate pasca kenaikan harga BBM, khusus untuk tol laut tidak ada kenaikan harga sama sekali dan masih diberlakukan tarif lama.

"Pelni Cabang Ternate masih berlakukan tarif lama, berdasarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Menhub RI yang tertera di aplikasi si tol laut, "katanya, Rabu (14/9/2022).

Dia menyebut, untuk siper di daerah masing-masing bisa bayar melalui aplikasi si tol laut, di aplikasi tersebut sudah tertera biaya tingal dilakukan pembayaran via bank terdekat.

Baca juga: Jadwal Kapal Ternate Hari ini untuk KM Sinabung Rute Ternate-Bitung-Banggai-Baubau-Makassar-Surabaya

Untuk pembayaran lewat aplikasi si tol laut, dikhususkan untuk bayar tarif angkutan tol laut.

Ada pun biaya lain-lain seperti henling di pelabuhan, langsung dikelola oleh Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) masing-masing, dibawa koordinasi UPP Syahbandar dan pemerintah setempat.

"Jadi masyarakat melakukan pembayaran untuk angkutan bisa lewat aplikasi, sementara untuk biaya lain-lain bisa masyarakat cek di JPT pada pelabuhan masing-masing, "katanya.

Namun untuk biaya henling sendiri, pembayarannya berbeda-beda sesuai daerah masing-masing daerah.

Tetapi untuk Pelni Cabang Ternate sendiri, hanya menerima tarif tol laut, yang tertera di aplikasi si tol laut, dan tidak ada lagi biaya lain.

Jadi kalau ada masyarakat yang mengkoplin Pelni menambah biaya maka jelas itu tidak ada. Pelni hanya menerima biaya tarik tol laut yang sudah tertera di aplikasi si tol laut.

Baca juga: Petani Kelapa Minta Pemerintah Menjelaskan Penyebab Turunnya Harga Kopra Maluku Utara

Olehnya itu diharapkan agar masyarakat bisa mendownload aplikasi si tol laut melalui smartphone masing-masing.

Di mana dalam aplikasi itu nantinya ada fitur hingga biaya pembayaran tol laut itu sudah tersedia.

"Sementara untuk tarif angkutan penumpang kapal Pelni juga hingga saat tidak ada kenaikan harga tiket. Masih digunakan tarif yang sama, kita juga himbau jika ada yang menaikan harga tiket maka diluar Pelni masyarakat bisa bayar pakai aplikasi dan via bank, "tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved