Wisata Morotai

Sebagai Wisata Morotai yang Memiliki Potensi, 88 Desa Ini Diminta untuk Tingkatkan Kreatifitas

Sebagai Wisata Morotai, terdapat 88 desa yang memiliki potensi, karena itu Pemkab Pulau Morotai meminta untuk bisa kreatif mengelola potensi tersebut.

Penulis: Fizri Nurdin | Editor: Munawir Taoeda
TribunTernate.com/Fizri Nurdin
POTENSI: Wisata Morotai Tanjung Balitako dijadikan sebagai spot berswafoto terletak di Desa Joubela kecamatan Morotai selatan, Kabid Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai, Faisal Kudo berharap ada kreatif dari 88 Desa untuk memanfaatkan atau mengelola potensi yang di miliki Desa, Selasa (27/9/2022). 

TRIBUNTERMATE.COM - 88 Desa di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara memiliki beragam Wisata Morotai mulai pulau, tanjung, pantai hingga lautnya.

Namun tempat-tempat Wisata Morotai tersebut belum mampu dikelola dengan baik, pasalnya potensi dimiliki desa tersebut belum ada desa yang menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PAD)

Dari 88 desa sebagai Wisata Morotai, baru satu desa di Kecamatan Morotai Selatan Barat yang menghasilkan PAD desa, yaitu Desa Wayabula.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Morotai, Faisal Kudo mengatakan pihaknya sangat mengharapkan ada kreatifitas-kreatifitas di desa, terutama Pemerintah Desa dalam mengelola potensi desa dalam hal ini wisata.

Baca juga: Tanjung Balitako Sebagai Wisata Morotai Akan Dikembangkan Sebagai Spot Wisata Baru Berswafoto

"Di 88 desa ini, selain destinasi yang sudah ada dikembangkan itu masih banyak lagi, potensi-potensi atau destinasi-destinasi yang lain yang bisa dikembangkan,"katanya, Selasa (27/9/2022).

"Tujuannya apa? tujuannya adalah bagaimana masyarakat bisa punya pendapatan, kalau masyarakat punya pendapat itu artinya bahwa desa juga punya pendapatan asli desa targetnya ada disitu,"sambungnya.

Dijelaskan, anggaran desa juga bisa diprioritaskan untuk pengembangan potensi yang ada, di desa bukan hanya untuk melakukan belanja pegawai dan lainnya.

"Jadi kesan jangan sampai pemerintah desa hanya mengelola anggaran, hanya dibebankan untuk belanja pegawai, tapi tidak ada yang dijadikan pendapat semisal ada potensi yang dikembangkan di desa."

"Dana Desa itu juga bisa diprioritaskan untuk pengembangan potensi desa, sehingga harapan saya kedepan Pemerintah Desa lebih banyak melahirkan ide dan kreatifitas-kreatifitas supaya ada PAD, "jelasnya.

Faisal Kudo mengatakan dari 88 desa yang ada di Morotai baru satu desa yang menghasilkan PAD desa.

Baca juga: 27 Wisata Morotai Berbalut Alam yang Memiliki Keindahan Berskala Internasional

Bahkan dia juga menyebut, saat ini melihat desa yang sudah mulai kreatif yaitu di Desa Joubela Kecamatan Morotai Selatan.

"Untuk 88 Desa ini baru 1 desa yang ada punya PAD yaitu Desa Wayabula. Jadi kreatif itu misalnya ada di Desa Joubela itu.

"Sehingga itu masuk dalam radar Dinas Pariwisata Morotai, mereka kreatif dalam mengembangkan destinasi wisata yang ada di desa. "pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved