Walikota Tidore Pacu Reformasi Birokasi, 60 Persen APBD Diarahkan Bangun Infrastruktur di Oba

Wujudkan Reformasi Birokrasi Wali Kota Tidore : Setiap OPD Harus Berinovasi. Dia juga akan alokasikan APBD 60 persen untuk wilayah Oba.

Penulis: Faisal Amin | Editor: Muhammad Husain Sanusi
Tribunternate.com/Faisal Amin.
Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt Ali Ibrahim saat Menyampaikan Kuliah Umum di Universitas Bumi Hijrah Sofifi, Maluku Utara. Dia menyampaikan reformasi birokrasi di Tidore dilakukan dengan cara satu OPD satu inovasi. Dia juga arahkan 60 persen APBD Tidore untuk pembangunan infrastruktur di Oba. 

TRIBUNTERNATE.COM, TIDORE - Beberapa strategi  akan dilakukan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan untuk mewujudkan reformasi birokrasi salah satunya mewajibkan setiap OPD melakukan Inovasi melalui program satu OPD satu Inovasi.

Melakukan kolaborasi baik secara internal antar OPD, maupun secara eksternal dengan stakeholder untuk memacu kinerja birokrasi serta melaksanakan program pengembangan SDM baik di internal pemerintah maupun masyarakat.

Hal ini disampaikan Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim di hadapan ratusan Mahasiswa saat memberikan Kuliah Umum di Universitas Bumi Hijrah Tidore, Sofifi, Maluku Utara, Selasa (4/10/2022).

Wali Kota Dua Periode ini juga mengatakan, untuk memacu kinerja birokrasi, maka diwajibkan setiap OPD harus melakukan minimal satu inovasi.

Salah satu contoh inovasi yang dilakukan saat ini adalah dalam pelayanan KTP.

Baca juga: Wakil WalikotaTidore Muhammad Sinen Bagikan Uang Insentif ke Para Imam

“Masyarakat yang berada di dataran Oba tidak perlu ke Tidore, cukup mengisi data lewat website Dukcapil Tidore dan kami siapkan pelayanan mobil Sijola (Sistem Jemput Bola) untuk perekaman KTP” ungkap Ali.

Untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia dimasa Pemerintahannya, dia memberikan kesempatan kepada ASN untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dan bantuan pendidikan kepada masyarakat dalam melanjutkan pendidikan.

Sementara untuk pembangunan masyarakat dan Infrastruktur, selama Kepemimpinan Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen (Aman), alokasi APBD 60 persen diarahkan ke wilayah Oba, dan 40 % di Wilayah pulau Tidore dan diupayakan APBD ditahun depan bisa mencapai 1 Trilyun, sehingga persentase dana Desa di Oba juga bisa meningkat.

 Ali Ibrahim juga menambahkan, rencana alokasi APBD Tahun 2023 akan diarahkan di wilayah Oba, dengan kegiatan antara lain  Pembangunan Irigasi, Pembangunan Jalan serta Pembangunan Bandara Loleo.

Dihadapan Rektor, dan para Dosen serta  ratusan mahasiwa, orang nomor satu di Kota Tidore Kepulauan ini juga memberikan motivasi kepada para mahasiswa, untuk terus belajar dan menggali potensi diri. 

"Kalian adalah penerus bangsa, persiapkanlah mental dan kualitas yang anda miliki untuk memajukan Kota Tidore Kepulauan kearah yang lebih baik” Ujar Ali.(*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved