Tips Kesehatan

Catat ya, Pertambahan Berat Badan Ideal saat Hamil Bisa Dicek Lewat Rumus Ini

Meski berat badan dipastikan naik, Moms tetap harus memperhatikan pertambahan berat badan ideal saat hamil.

Catat ya, Pertambahan Berat Badan Ideal saat Hamil Bisa Dicek Lewat Rumus Ini
ilustrasi.net/ TribunKaltim.co.id
Diet menurunkan berat badan pasca kehamilan. 

TRIBUNTERNATE.COM - Saat hamil, tentunya berat badan seorang ibu haruslah naik mengikuti perkembangan bayi yang berada di dalam kandungan.

Namun tahukah Anda, meski berat badan dipastikan naik, Moms tetap harus memperhatikan pertambahan berat badan ideal saat hamil.

Pasalnya, penelitian terakhir menunjukkan bahwa kenaikan berat badan yang berlebihan selama kehamilan meningkatkan risiko kesehatan bagi Moms dan Si Kecil.

Mengutip dari Daily Mail, Clare Collins, Profesor Nutrisi dan Dietetics dari Universitas Newcastle, Dr Jenna Hollis, dosen gabungan di University of Newcastle dan Siân Robinson, Profesor epidemiologi nutrisi di University of Southampton, menjabarkan pentingnya menjaga berat badan ideal saat hamil.

Sebab kelebihan berat badan dikaitkan dengan risiko diabetes yang lebih tinggi dalam kehamilan, tekanan darah tinggi, dan komplikasi saat lahir.

Hal tersebut juga bisa memengaruhi kesehatan bayi baik dalam jangka pendek maupun di masa depan.

Anak-anak dengan ibu yang kelebihan berat badan saat hamil 36% lebih mungkin menjadi penderita autisme.

Bahkan 62% lebih mungkin memiliki attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), menurut temuan dari Virginia Commonwealth University November lalu.

Perempuan hamil yang gemuk juga memiliki risiko komplikasi kelahiran yang lebih tinggi dalam melahirkan bayi dengan berat badan normal, berdasarkan studi oleh National Institutes of Health.

Oleh karena itu, para ahli menekankan bahwa penting bagi ibu hamil untuk menghitung kenaikan berat badan yang direkomendasikan dalam kehamilan.

Halaman
1234
Editor: Sri Handayani1
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved