Breaking News:

Virus Corona

Dimulai Hari Ini, Berikut Deratan Tahapan Uji Klinis Tahap 3 Vaksin Virus Corona yang Harus Dilalui

Sebanyak 1.620 orang menjadi relawan untuk disuntikkan dalam uji klinis tahap tiga vaksin virus corona Sinovac di Indonesia.

NICOLAS ASFOURI / AFP
Foto diambil pada tanggal 29 April 2020 ini. seorang ilmuwan melihat sel-sel ginjal monyet saat melakukan tes pada vaksin eksperimental untuk virus corona COVID-19 di dalam laboratorium Cells Culture Room di fasilitas Sinovac Biotech di Beijing. Sinovac Biotech, yang melakukan salah satu dari empat uji klinis yang telah disetujui di China, telah mengklaim kemajuan besar dalam penelitiannya dan hasil yang menjanjikan di antara monyet. 

TRIBUNTERNATE.COM - Pada Selasa (11/8/2020), uji klinis tahap tiga untuk kandidat vaksin virus corona dimulai.

Di mana terdapat 1.620 orang menjadi relawan untuk disuntikkan dalam uji klinis tahap tiga vaksin virus corona Sinovac di Indonesia.

Penyuntikan perdana uji klinis vaksin ini juga turut disaksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung, Jawa Barat.

Penyuntikan akan dilakukan secara bertahap.

BREAKING NEWS: Tambah 1.693, Jumlah Kasus Virus Corona di Indonesia Jadi 128.776 per 11 Agustus 2020

Wali Kota Banjarbaru Meninggal Dunia Setelah Dua Pekan Dirawat Karena Terinfeksi Covid-19

Untuk gelombang pertama di minggu kedua Agustus ini, tes vaksin diterapkan kepada 120 subjek relawan.

Uji berikutnya akan digelar pada minggu ketiga dan minggu keempat bulan ini, masing-masing sebanyak 144 relawan sehingga diperkirakan pada awal September, sebanyak 408 relawan sudah menjalani tes vaksin.

Penyuntikan dan pemantauan pasien uji klinis tahap 3 dilakukan terus menerus dan akan berlangsung hingga minggu ketiga di bulan Desember dengan total, 1.620 relawan.

Sebelum menempuh uji klinis tahap tiga ini, produk kandidat untuk vaksin virus corona ini telah melewati berbagai pengujian.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam ketarangannya beberapa waktu lalu menjelaskan ada beberapa tahapan yang perlu dilalui dalam proses produksi obat maupun vaksin.

Pengujian tersebut diantaranya yakni uji aktivitas zat; uji toxisitam in vitro dan in vivo pada tahap pra klinik; serta uji klinik untuk fase I, fase II dan fase III.

Halaman
1234
Editor: Sri Handayani1
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved