Breaking News:

Kata Wamendag Soal Nilai Eksport Maluku Naik 140,8 Persen: Produk Lokal Ada di Daerah, Kembangkan

nilai ekspor Maluku periode Januari-Agustus 2020 mengalami peningkatan hingga 140,8 persen.

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Insany
Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno menyerahkan cinderamata kepada Wamendag Jerry Sambuaga Usai Diskusi Publik Peringati Hari Sumpah Pemuda di Ambon. 

TRIBUNTERNATE.COM - Provinsi Maluku memiliki kontribusi sehingga neraca perdagangan Indonesia.

Hal ini diungkap oleh Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga, hingga September 2020 Indonesia mengalami surplus 13,51 miliar US Dollar sesuai data BPS meskipun saat ini tengah dilanda pandemi covid-19.

Bahkan menurut Sambuaga, nilai ekspor Maluku periode Januari-Agustus 2020 mengalami peningkatan hingga 140,8 persen.

Kehadiran Sambuaga di Ambon untuk menjadi keynote speaker dalam Diskusi Publik, yang bertema, Optimalisasi Peran Pemuda Dalam Menghadapi Era Industri 4.0, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92 Tahun 2020 ini yang diselenggarakan di Kantor Gubernur Maluku, Kamis (28/10/2020).

Baca juga: Gubernur Maluku Kibarkan Bendera Merah Putih di Perbatasan Indonesia-Australia di Hari Sumpah Pemuda

Baca juga: Ini Upaya Pemprov Maluku Ketika Angka Stunting di Maluku Dinilai Masih Tinggi

Sambuaga mengajak generasi muda di Maluku untuk ikut mengembangkan kreatifitas wirausaha muda.

Apalagi menurut Sambuaga, di era revolusi industri 4.0 kegiatan produksi dan konsumsi menjadi lebih terintegrasi melalui penggunaan teknologi wireless dan big data secara masif dan dituntut lebih

Dia juga mengajak generasi muda di Maluku untuk bisa merambah pasar ekspor dengan mengoptimalkan produk-produk khas Maluku.

Karena jika produk khas Maluku diolah dan dikemas dengan menarik dibantu dengan kecanggihan teknologi informasi saat ini, maka kaum muda di Maluku bisa merambah pasar ekspor.

"Produk-produk lokal itu ada di daerah, yang lebih tahu orang di daerah, kembangkan itu, Pemda dorong dengan memberikan bimbingan dan pelatihan, kita punya badan ekpor, ada atase perdagangan yang tersebar di negara-negara luar, "tegasnya.

Tidak hanya itu itu, dia juga mengajak agar generasi muda yang gandrungi permainan game agar juga bisa berkreasi dengan menciptakan game online, jangan hanya sekedar bermain game saja.

Halaman
12
Editor: Sri Handayani1
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved