Breaking News:

Gempa Bumi Hari Ini

Hasil Pemutakhiran BMKG: Gempa Bumi di Selatan Jawa Tercatat dengan Magnitudo 6.1

Aempa tektonik tersebut awalnya tercatat dengan magnitudo 6.7, tetapi kemudian data pemutakhiran menunjukkan gempa memiliki magnitudo 6.1.

ntnews.co.au
Ilustrasi gempa. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa bumi tektonik terjadi di wilayah Selatan Jawa, pada Sabtu (10/4/2021) siang, tepatnya pukul 14.00.15 WIB. 

TRIBUNTERNATE.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa bumi tektonik terjadi di wilayah Selatan Jawa, pada Sabtu (10/4/2021) siang, tepatnya pukul 14.00.15 WIB.

Dalam informasi BMKG yang diunggah di media sosial Twitter, gempa bumi terjadi di sebelah barat daya Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, gempa tektonik tersebut awalnya tercatat dengan magnitudo 6.7, tetapi kemudian data pemutakhiran menunjukkan gempa memiliki magnitudo 6.1.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 96 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 80 km," dikutip dari siaran pers BMKG.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah yang dipicu akibat adanya aktivitas subduksi.

Baca juga: BMKG Catat Gempa Bumi Magnitudo 6.7 di Malang Sabtu, 10 April 2021 Siang, Terasa hingga Jawa Tengah

Baca juga: Mardani Ali Sera: Permenperin Nomor 3 Tahun 2021 Jangan Dijadikan Alasan Impor Gula

Baca juga: Isu Reshuffle Pasca-Disetujuinya Kementerian Investasi oleh DPR, PDIP: Itu Hak Prerogatif Presiden

Baca juga: Maruf Amin Ajak Masyarakat Ibadah Ramadhan di Rumah Saja: Tarawih Itu Sunah, Menjaga Diri Itu Wajib

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).  

Guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di berbagai daerah, bahkan hingga ke sebagian wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Jawa Tengah serta Yogyakarta.

Untuk daerah Turen dan Lumajang, gempa bumi dirasakan dengan skala V MMI.

Sementara, gempa bumi dirasakan dengan skala IV MMI di daerah Karangkates, Malang, Blitar.

Kemudian, gempa bumi dirasakan dengan skala III-IV MMI di Kediri, Trenggalek, dan Jombang.

Getaran gempa bumi dirasakan dengan skala III MMI di Nganjuk, Ponorogo, Madiun, Yogyakarta, Ngawi, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, dan Denpasar.

Dengan skala II MMI, getaran gempa bumi tektonik di Selatan Jawa itu juga terasa di Mojokerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Klungkung, dan Banjarnegara.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidal berpotensi tsunami," demikian dikutip dari keterangan BMKG.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Update BMKG: Gempa Tekntonik yang Guncang Wilayah Selatan Jawa
Penulis: Taufik Ismail

Editor: Rizki A
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved