Breaking News:

Larang Mudik Lebaran 2021, Doni Monardo: Kerinduan Terhadap Keluarga Bisa Timbulkan Hal yang Tragis

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 tegaskan larangan mudik Lebaran 2021 wajib dipatuhi, jangan sampai kerinduan pada keluarga berujung tragis.

IST
Kepala BNPB Doni Monardo dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta Timur. 

TRIBUNTERNATE.COM – Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo kembali menegaskan larangan mudik Lebaran 2021.

Menurut Ketua Satgas Penanganan Covid-19 ini, masyarakat yang nekat mudik Lebaran 2021 karena rindu dengan sanak keluarga hanya akan memperbesar kemungkinan terjadinya peristiwa tragis.

Hal tersebut disampaikan oleh Doni Monardo di sela Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 bersama Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin komplek Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut, Medan, Selasa (20/4/2021).

“Mohon bersabar jangan pulang kampung dulu. Kerinduan terhadap keluarga bisa menimbulkan hal yang tragis,” jelas Doni.

Melalui rapat tersebut, Doni kembali menegaskan agar aturan Pemerintah Pusat terkait peniadaan mudik Idul Fitri tahun ini dapat dipatuhi masyarakat demi mencegah terjadinya penularan virus SARS-CoV-2.

Lebih lanjut, Doni menjelaskan bahwa upaya Pemerintah Pusat untuk melarang mudik tahun ini semata-mata untuk keselamatan bersama.

Baca juga: Kepala BNPB Tegaskan Larangan Mudik Lebaran: Bukan Berarti Sebelum Tanggal 6 Mei Bisa Pulang Kampung

Baca juga: Alasan Pemerintah Larang Mudik, Jokowi: Jaga Tren Kasus Aktif Covid-19 yang Turun 2 Bulan Terakhir

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo (kanan) bersama Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dalam Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 bersama jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin komplek Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut, Medan, Selasa (20/4).
Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo (kanan) bersama Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dalam Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 bersama jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin komplek Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut, Medan, Selasa (20/4). (Dok BNPB)

Menurutnya, Pemerintah harus dapat menjamin keselamatan rakyatnya, karena itu merupakan hukum tertinggi.

“Peniadaan mudik ini adalah untuk kepentingan bersama. Untuk keselamatan bersama, agar bangsa kita bisa terhindar dari Covid-19,” jelas Doni.

Dalam hal ini, Doni memahami bahwa kerinduan pada kampung halaman dan sanak saudara kini sedang dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Sehingga kerinduan yang besar tersebut bisa mendorong masyarakat untuk melakukan silaturahmi sekaligus merayakan hari Raya Idul Fitri.

Halaman
12
Penulis: Ronna Qurrata Ayun
Editor: Rohmana Kurniandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved