Breaking News:

Kemendikbud Buka Rekrutmen Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak, Berikut Syarat dan Jadwalnya

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka rekrutmen atau pendaftaran seleksi bagi calon Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak.

Sekolah Penggerak Kemendikbud
Kemendikbud buka rekrutmen Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak. 

TRIBUNTERNATE.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka rekrutmen atau pendaftaran seleksi bagi calon Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak.

Seleksi ini dilakukan sebagai bentuk dukungan bagi sekolah pelaksana program Sekolah Penggerak yang menjadi terobosan Merdeka Belajar Episode ke-7.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud, Iwan Syahril, mengajak para akademisi, praktisi pendidikan, widyaiswara serta pengawas sekolah di 111 kabupaten kota daerah sasaran program untuk bisa berpartisipasi.

Ajakan ini juga ditujukan kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah, manajemen sekolah, dan guru dari sekolah yang mengembangkan kurikulum satuan pendidikan secara mandiri dan atau meggunakan kurikulum internasional.

Lebih jauh, ajakan ini juga diserukan kepada para pensiunan kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru yang memiliki komitmen untuk memajukan ekosistem Pendidikan.

“Kami mengajak para pemangku kepentingan untuk berkontribusi melalui belajar dan berbagi bersama pengawas, kepala sekolah, dan guru di daerah sasaran Program Sekolah Penggerak dalam upaya gotong-royong untuk transformasi pendidikan Indonesia," tutur Iwan seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu (28/04/2021).

Baca juga: Rincian Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud, Ini Tanda Jika Sudah Terima dan Jadwal Penyalurannya

Baca juga: Trending di Twitter, Kuota Internet Gratis Kemendikbud Tak Bisa untuk Akses 4 Medsos Ini

Nantinya, Pelatih Ahli akan berperan sebagai pendamping dan pendukung kepala sekolah, guru/pendidik dan pengawas sekolah untuk mewujudkan sekolah yang berpusat pada murid.

Pelatih Ahli akan mendampingi tiga sampai lima sekolah dalam satu kabupaten, selama minimal satu tahun.

Pelatih Ahli Program Sekolah Penggerak juga akan bertugas mendorong kolaborasi seluruh ekosistem Pendidikan sekolah dan pemangku kepentingan di kabupaten.

“Peran pelatih ahli akan mengembangkan kompetensi, komunitas praktisi, dan melakukan monitoring kemajuan pembelajaran kepala sekolah, pengawas sekolah atau penilik, dan guru atau pendidik di sekolah pelaksana program sekolah penggerak,” kata Iwan.

Halaman
123
Penulis: Ronna Qurrata Ayun
Editor: Rohmana Kurniandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved