Breaking News:

Pemerintah bakal Beri Subsidi Gaji Sebesar Rp1,2 Juta bagi Pekerja yang di-PHK dan Dirumahkan

Menkeu Sri Mulyani menyatakan, subsidi gaji ini diberikan untuk membantu para pekerja yang perusahaannya masuk dalam sektor yang terdampak PPKM.

Editor: Ronna Qurrata Ayun
TribunTimur.com
Ilustrasi subsidi upah dari pemerintah - Pemerintah akan berikan subsidi gaji sebesar Rp1,2 juta bagi pekerja yang terkena PHK dan dirumahkan. 

TRIBUNTERNATE.COM - Bantuan langsung tunai (BLT) untuk para pekerja atau subsidi gaji akan kembali diberikan oleh pemerintah di tahun 2021.

Subsidi gaji ini akan diberikan kepada para pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), dirumahkan, ataupun yang mengalami pengurangan jam kerja.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers virtual APBN KiTa pada Rabu (21/7/2021).

Namun demikian, skema penyaluran BLT untuk para pekerja yang terdampak pandemic Covid-19 ini masih terus dibahas.

Berdasarkan rencana, subsidi gaji ini nantinya akan diberikan kepada para pekerja sebesar Rp1,2 juta dalam satu kali penyaluran.

"Sekarang kami sedang buat subsidi upah bagi pekerja yang mengalami pengurangan jam kerja atau dirumahkan," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa secara virtual, Rabu (21/7/2021).

Mantan Direktur Bank Dunia itu memaparkan, kebijakan subsidi upah itu dilakukan untuk membantu para pekerja yang perusahaannya masuk dalam sektor yang terdampak PPKM.

"Program bantuan tersebut akan segera selesai dalam waktu dekat," katanya.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati.
Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati. (KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)

Baca juga: Pemerintah akan Berikan Subsidi Upah untuk Pekerja dengan Gaji di Bawah Rp3,5 Juta, Ini Kriterianya

Baca juga: Tak Lagi PPKM Darurat, Pemerintah Kini Gunakan Istilah PPKM Level 4

Selain Kementerian Keuangan (Kemenkeu), pembahasan subsidi upah bagi pekerja ini juga melibatkan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

"Kami sedang membahas dengan Kemenko dan Kemenaker untuk membantu segmen pekerja yang dirumahkan dan dikurangi jam kerjanya," kata Sri Mulyani.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved