Breaking News:

Alami Stres saat Jalani Isolasi Mandiri Covid-19? Lakukan Hal Ini untuk Merawat Kesehatan Mental

Psikolog Elok Farida Husnawati bagikan sederet cara meredam stres untuk merawat kesehatan mental saat jalani isolasi mandiri Covid-19.

Editor: Ronna Qurrata Ayun
Unsplash/Engin Akyurt
Ilustrasi stress saat jalani isolasi mandiri karena Covid-19. 

TRIBUNTERNATE.COM - Pandemi Covid-19 nyatanya tak hanya berpengaruh terhadap kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental.

Tak jarang, pasien Covid-19 yang harus menjalani isolasi mandiri, entah itu di rumah ataupun shelter khusus, mengalami stres.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Psikolog Elok Farida Husnawati dalam acara Konsultasi Psikologi bertajuk "Mengatasi Kecemasan Pasien Covid saat Isolasi Mandiri" yang digelar secara virtual pada Jumat (6/8/2021).

Elok Farida, pasien Covid-19 yang menjalani isoman kerap mengalami berbagai kecemasan, diantaranya merasa tidak dapat sembuh.

“Wah ini bisa tambah parah dan nggak bakal bisa disembuhkan, saya takut Covid-19 bakal berdampak pada aktivitas saya ke depannya," ujar Elok Farida, Jumat (6/8/2021).

Tak berhenti di situ, kecemasan lain yang dialami pasien Covid-19 yakni merasa takut dirinya akan menularkan virus ke orang lain.

Baca juga: Akui Pernah Positif Covid-19 Sekeluarga, Nagita Slavina Tak Ingin Publikasi: Demi Kesehatan Mental

Baca juga: Sebut Covid-19 Serang Mental, Hanung Bramantyo Minta Tenaga Ahli juga Fokus pada Kesehatan Mental

Menurut Elok, biasanya kecemasan ini terjadi pada pasien yang bekerja di kantor karena banyak aktivitas dengan teman-teman di satu ruangan kerja.

“Ini sebenarnya ketakutan berlebih, jadi baiknya fokus pada penyembuhan bagi teman-teman yang positif Covid-19, baru nanti bisa memikirkan orang lain, nggak perlu takut secara berlebih,” ujarnya.

Ilustrasi orang yang sedang mengalami stres.
Ilustrasi orang yang sedang mengalami stres. (Kompas.com)

Elok menyebutkan, bahwa kecemasan-kecemasan berlebih tersebut dapat menimbulkan stres dan secara tidak sadar akan menurunkan imunitas tubuh.

Lantas, bagaimana cara menurunkan stres saat di rumah saja?

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved