Breaking News:

Pemerintah Cabut STRP, Kini Cukup Aplikasi PeduliLindungi yang Jadi Syarat Perjalanan Dalam Negeri

"Setiap pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat perjalanan dalam negeri,"

Editor: Rizki A
KOMPAS.com/Galuh Putri
ILUSTRASI Aplikasi PeduliLindungi. 

TRIBUNTERNATE.COM - Pemerintah memperluas penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk kegiatan masyarakat selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Salah satunya dengan menjadikan penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat perjalanan dalam negeri.

Aturan tersebut tertuang dalam Addendum Surat Edaran Nomor 17 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Virus Corona Disease (Covid-19).

"Setiap pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat perjalanan dalam negeri," bunyi huruf F nomor 7 Adendum tersebut dikutip Tribunnews.com, Selasa, (7/9/2021).

Dengan penerapan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat perjalanan dalam negeri tersebut, pemerintah sekaligus mencabut penggunaan Surat Tanda Registrasi Bekerja (STRP) sebagai syarat perjalanan darat selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4,3, dan 2.

"Maksud dari Addendum ini adalah mencabut ketentuan untuk melampirkan STRP, dan menambahkan ketentuan bagi setiap pelaku perjalanan dalam negeri serta semua operator moda transportasi menggunakan aplikasi PeduliLindungi," bunyi SE tersebut.

Dengan adanya ketentuan tersebut maka operator moda transportasi wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk memeriksa hasil tes RT PCR atau rapid test antigen warga yang menunjukkan hasil negatif, dan sudah melakukan vaksinasi dosis pertama atau dosis lengkap bagi pelaku perjalanan dalam negeri sewaktu melakukan check in.

Adendum diteken Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ganip Wartsito pada Senin kemarin, dan mulai berlaku hari ini, Selasa, (7/9/2021).

Baca juga: KPK: Harta Kekayaan 70 Persen Pejabat Meningkat di Masa Pandemi, 95 Persen LHKPN Pejabat Tak Akurat

Baca juga: 8 Artis Pernah Diboikot dari TV lewat Petisi Selain Saipul Jamil: Ayu Ting Ting hingga Zaskia Gotik

Baca juga: Jangan Cetak Sertifikat Vaksin Covid-19! Apa Alasannya? Simak Penjelasan Kemkominfo dan Kemenkes RI

Kartu Vaksin Jadi Syarat Perjalanan Menggunakan KRL

Mulai 8 September 2021, KAI Commuter memberlakukan sertifikat vaksin Covid-19 sebagai syarat melakukan perjalanan untuk penumpang Kereta Rel Listrik (KRL).

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved