Breaking News:

Pemilu Serentak 2024

Pemerintah Usul Pemilu Serentak Digelar 15 Mei 2024, Ini Respon Tokoh PKS, Gerindra, hingga PKB

Usulan Pemilu Serentak digelar pada 15 Mei 2024 pun mendapat tanggapan dari sejumlah tokoh partai politik, mulai dari PKB, PKS, hingga Gerindra.

Editor: Rizki A
Grafis Tribunnews.com
ILUSTRASI Pemilihan Umum atau Pemilu 

TRIBUNTERNATE.COM - Meski masih tiga tahun lagi, bursa calon presiden untuk Pemilihan Umum atau Pemilu Serentak 2024 sudah ramai diperbincangkan.

Bahkan, tanggal penyelenggaraannya pun sudah dibahas saat ini.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan pemerintah mengusulkan Pemilu 2024 digelar pada tanggal 15 Mei 2024.

Mahfud mengatakan usulan tersebut ditetapkan dalam rapat internal finalisasi usul pemerintah terkait tanggal Pemilu 2024 yang turut dihadiri oleh Presiden, Wakil Presiden, Mensesneg, Menseskab, Mendagri, Menkeu, Menkumham, Panglima TNI, Kapolri, dan Kepala BIN di Istana Merdeka hari ini Senin (27/9/2021).

Usulan tersebut, kata Mahfud, mengerucut dari empat usul tanggal pemungutan suara Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif tahun 2024 yang telah disimulasikan yakni 24 April, 15 Mei, 8 Mei, dan 6 Mei.

Usulan tersebut, kata dia, dipilih setelah sebelumnya keempat tanggal tersebut disimulasikan dengan berbagai pertimbangan.

Pertimbangan tersebut, kata dia, di antaranya efisiensi waktu dan biaya termasuk kemungkinan sengketa Pilpres, putaran kedua Pilpres, serta hari-hari besar keagamaan dan hari besar nasional.

"Pilihan pemerintah adalah tanggal 15 Mei. Tanggal 15 Mei ini adalah tanggal yang dianggap paling rasional untuk diajukan ke KPU dan DPR sebelum tanggal 7 Oktober," kata Mahfud di kanal Youtube Kemenko Polhukam RI pada Senin (27/9/2021).

Baca juga: Jokowi Minta Tanggal Pemilu Serentak 2024 Segera Ditetapkan, Ini Kata Mahfud MD

Baca juga: Sekjen PKP Klaim Presiden Jokowi Sepakat Pemilu Serentak 2024 Digelar Bulan April 2024

Usulan Pemilu Serentak digelar pada 15 Mei 2024 pun mendapat tanggapan dari sejumlah tokoh partai politik, mulai dari PKB, PKS, hingga Gerindra.

Tanggapan Legislator PKS

Legislator PKS Mardani Ali Sera menyoroti usulan pemerintah melalui Menkopolhukam Mahfud MD soal Pemilu diselenggarakan 15 Mei 2024.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved