Breaking News:

Komnas Perempuan: Pengesahan RUU TPKS Menjadi UU Tidak Boleh Ditunda-tunda Lagi

Komnas Perempuan menyebut, pengesahan RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) menjadi UU tidak boleh ditunda-tunda lagi.

Editor: Rizki A
KOMPAS.COM/DASPRIANI Y. ZAMZAMI
Puluhan ibu dan aktifis perempuan melakukan orasi digedung DPR Aceh menuntut revisi pasal Jarimah Perkosaan dan pelecehan seksual karena tidak berpihak pada perempuan dan anak korban kekerasan seksual, Kamis (23-12-2021). 

TRIBUNTERNATE.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Dewan Perwakilan Rakyat RI (DPR) untuk segera mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS) menjadi Undang-Undang (UU). 

Pernyataan Presiden Jokowi ini pun mendapat dukungan dari Komnas Perempuan.

Komnas Perempuan menyebut, pengesahan RUU TPKS menjadi UU tidak boleh ditunda-tunda lagi.

Menurut Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani pernyataan Jokowi ini merupakan bentuk pengakuan terhadap pentingnya perlindungan dan penanganan korban kekerasan seksual.

"Dalam pernyataannya Presiden telah menaruh perhatian pada perjalanan RUU ini sejak 2016, dan berharap segera disahkan RUU ini sebagai bentuk tanggung jawab negara dalam memberikan perlindungan korban kekerasan seksual dan memberikan kepastian hukum," ujar Andy kepada Tribunnews.com, Rabu (5/1/2022).

Jokowi telah memerintahkan kepada Menkumham dan Menteri KPPPA untuk koordinasi dan konsultasi dengan DPR RI.

Serta kepada gugus tugas pemerintah yang tangani RUU TPKS untuk menyiapkan DIM RUU TPKS.

Menurut Andy, pengesahan RUU TPKS sudah tidak bisa ditunda lagi. Dirinya mengatakan Indonesia saat ini sudah masuk kondisi darurat kekerasan seksual.

"Pernyataan Presiden ini penting dan sudah ditunggu-tunggu mengingat kemendesakan pembahasan RUU TPKS dan karenanya tidak boleh ditunda berlarut-larut," ucap Andy.

"Saat ini kita tengah menghadapi kondisi darurat Kekerasan Seksual, yang ditandai dengan lonjakan jumlah laporan kasus dan kompleksitas kasusnya," tambah Andy.

Baca juga: Pemeran Yeo Jeong-min di Serial Drama Snowdrop, Kim Mi-soo, Meninggal Dunia

Baca juga: Viral Sekdes di Pati Beri Hadiah Rubicon hingga Alphard untuk Anaknya, Ini Sosoknya

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved