Breaking News:

Tak Hanya Bandara Soetta, Ini Daftar Pintu Masuk dan Lokasi Karantina bagi WNI dari Luar Negeri

Berikut sejumlah pintu masuk yang dibuka untuk WNI pelaku perjalanan luar negeri, dan sudah dilengkapi dengan ketentuan serta lokasi karantinanya.

TRIBUN JATIM/FIKRI FIRMANSYAH
Suasana Bandara Juanda yang ramai penumpang, Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (24/12/2021). 

TRIBUNTERNATE.COM - Sejak pandemi merebak di Tanah Air, Indonesia belum pernah menutup rapat pintu masuknya, dan memperbolehkan WNI maupun WNA untuk datang.

Namun demikian, pemerintah telah menetapkan syarat-syarat yang harus dipenuhi para pelaku perjalanan luar negeri untuk bisa memasuki negara ini, salah satunya adalah kewajiban karantina.

Hingga kini, saat varian Omicron mulai menyebar, pemerintah Indonesia juga masih membuka pintu masuknya dan hanya memberlakukan larangan untuk beberapa negara yang mencatat kasus Covid-19 parah.

Pintu masuk yang dibuka pun ada banyak, bukan hanya Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) di Tangerang.

Ada beberapa pintu masuk yang dibuka oleh Indonesia untuk WNI pelaku perjalanan luar negeri, dan sudah dilengkapi dengan ketentuan serta lokasi karantinanya.

Informasi itu tercantum dalam Keputusan Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pintu Masuk (entry point), Tempat Karantina, dan Kewajiban RT-PCR bagi Warga Negara Indonesia Pelaku Perjalanan Luar Negeri.

Ada sedikit perubahan terkait aturan karantina bagi WNI pelaku perjalanan luar negeri yang dituliskan dalam Surat Edaran ini.

Bagi WNI dari negara yang diwaspadai Omicron, durasi karantina kini diubah menjadi 10 hari dari yang sebelumnya 14 hari.

Sementara itu, lama karantina 10 hari diubah menjadi 7 hari bagi WNI dari luar negeri selain negara yang diwaspadai Omicron.

Baca juga: Waspada Omicron, 14 Negara Ini Dilarang Masuk ke Indonesia Mulai Jumat, 7 Januari 2022

Baca juga: Dukung Richard Lee, dr Tirta Sindir Polisi soal Kabur Karantina Bebas: Jangan Baper Ya Dikritik

Dengan ditetapkannya keputusan ini, maka Surat Keputusan Ketua Satgas Covid-19 Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pintu Masuk (entry point), Tempat Karantina, dan Kewajiban RT-PCR bagi Warga Negara Indonesia Pelaku Perjalanan Luar Negeri dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved