Breaking News:

Kenaikan Kasus Omicron Tinggi tapi Pasien Rawat Inap Rendah, Menkes Ubah Strategi Layanan Kesehatan

Menurut Menkes, jumlah kasus Omicron di Indonesia akan terus meningkat, bahkan melebihi varian Delta, namun pasien rumah sakit akan lebih rendah.

ist
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin saat jumpa pers dengan media asing di Kantor Presiden, Rabu (2/9/2020). 

TRIBUNTERNATE.COM - Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengubah strateginya dalam menghadapi kasus virus corona varian Omicron.

Dalam Keterangan Pers Menteri terkait Hasil Ratas Evaluasi PPKM pada Selasa (11/1/2022), Menkes Budi Gunadi menjelaskan strateginya.

Menurut Menkes, jumlah kasus Omicron yang terjadi di Indonesia akan terus meningkat, bahkan melebihi varian Delta.

Namun demikian, pasien Covid-19 Omicron yang dirawat di rumah sakit akan jauh lebih sedikit.

"Memang kenaikan transmisi Omicron akan jauh lebih tinggi dari Delta, tetapi yang dirawat jauh lebih sedikit," tutur Menkes Budi Gunadi.

Dengan demikian, lanjut Budi, Kemenkes akan mengubah strategi layanan kesehatan untuk menghadapi lonjakan kasus Omicron di Tanah Air.

Baca juga: Waspada Omicron, 14 Negara Ini Dilarang Masuk ke Indonesia Mulai Jumat, 7 Januari 2022

Baca juga: Ashanty Positif Covid-19 setelah Pulang dari Turki, Kemenkes Belum Pastikan Omicron atau Tidak

Sebelumnya, Kemenkes mengatakan bahwa pihaknya akan berfokus pada kapasitas rumah sakit dalam menampung pasien Covid-19.

Namun, karena dalam kasus Omicron jumlah pasien rawat inap lebih rendah, fokus ke rumah sakit dipindahkan ke rumah warga yang menjalani isolasi mandiri.

"Sehingga strategi layanan dari Kementerian Kesehatan akan digeser, yang sebelumnya fokusnya ke rumah sakit, sekarang fokusnya ke rumah. Karena, akan banyak orang yang terkena dan tidak perlu ke rumah sakit," terang Menkes.

Lebih lanjut, Menkes menegaskan bahwa Kemenkes telah melakukan penelitian pada gejala yang dialami oleh 414 pasien Omicron di Indonesia.

Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Senin (26/7/2021).
Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual, Senin (26/7/2021). (YouTube/Sekretariat Presiden)
Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved