Breaking News:

Warga Ternate Sudah Bisa Cetak KK, Akta Kelahiran dan Akta Kematian dari Rumah

Kepala Dinas Dukcapil Kota Ternate mengatakan, dengan diluncurkannya program ini masyarakat tidak lagi repot melakukan pengurusan ke kantor Capil.

Penulis: Randi Basri | Editor: Rohmana Kurniandari
TRIBUN JAMBI/WAHYU
Ilustrasi Kartu Keluarga 

TRIBUNTERNATE.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Ternate bakal meluncurkan program cetak dokumen kependudukan, mulai dari Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran hingga akta kematian, secara mandiri dari rumah.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Ternate, Rukmini A Rahman mengatakan, dengan diluncurkannya program ini masyarakat Kota Ternate tidak lagi repot melakukan pengurusan ke kantor Capil.

Dia menyatakan, program ini menindaklanjuti apa yang disampaikan Direktorat Jenderal Dukcapil bahwa masyarakat bisa mencetak dokumen berupa Kartu Keluarga, akta kelahiran, dan akta kematian serta dokumen kependudukan lainnya secara mandiri dari rumah.

Meski begitu Rukmini mengaku, ada beberapa dokumen yang masyarakat harus datang ke kantor Capil diantaranya KTP dan KIA.

Baca juga: Dugaan Korupsi Anggaran Operasional, Mantan Bupati Halmahera Selatan dan Wakilnya Diperiksa

Baca juga: Kinerja Dukcapil Malut Lampaui Target Pemerintah Pusat, Burhan: Seluruh Penduduk Telah Dicatat

Untuk mengurus kedua dokumen tersebut, masyarakat harus datang ke kantor Capil karena harus dicetak di Mesin Anjuangan Dukcapil Mandiri (ADM).

"Kita melaksanakan program tersebut agar dapat memudahkan masyarakat untuk mencetak sendiri dokumennya di rumah," ungkap Rukmini, Rabu (12/1/2022).

Kepala Dinas Dukcapil Kota Ternate, Rukmini A Rahman
Kepala Dinas Dukcapil Kota Ternate, Rukmini A Rahman (TribunTernate.com/Randi Basri)

Adapun syaratnya, masyarakat harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu kepada nomor kontak yang disediakan dari Capil, yakni 081244797526.

Setelah mendaftar pada nomor kontak yang ada masyarakat juga wajib menyatakan keterangan yang dibutuhkan sesuai kebutuhan dokumennya yang diajukan ke Dukcapil.

Setelah itu, petugas akan melakukan verifikasi dokumen yang diterima.

Baca juga: Pekerjaan Selesai, Upah Tukang di Proyek Pelabuhan Rum Tidore Tak Kunjung Dilunasi

Baca juga: Tinjau Venue, KONI Kota Ternate Siap Pertandingkan 15 Cabor pada Porprov 2022

Rukmini menjelaskan, masyarakat yang mengajukan dokumen tidak boleh lewat perantara, agar dokumen bisa langsung diceta sendiri sesuai nomor yang diterima petugas.

"Yang punya dokumen diharapkan diajukan sendiri, dan menyediakan nomor kontak. Jangan pakai perantara, supaya kita kirim filenya ke dia, karena jangan sampai kita kirim ke orang lain," ungkapnya.

Dengan adanya program tersebut, Rukmini berharap masyarakat dapat mencetak sendiri dokumen kependuduannya jika rusak atau hilang.

"Apabila ada dokumen yang sobek atau hilang masyarakat dengan sendirinya bisa langsung dicetak di rumah," pungkasnya.

(TribunTernate.com/Randi Basri)

Sumber: Tribun Ternate
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved