Virus Corona

Hati-Hati, Orang yang Terinfeksi Covid-19 dan Flu Secara Bersamaan Berisiko Tinggi Alami Kematian

Orang yang terinfeksi Covid-19 dan flu bersamaan, 4 kali lipat lebih mungkin membutuhkan ventilator saat dirawat dan 2,4 kali lebih mungkin meninggal.

Penulis: Ronna Qurrata Ayun | Editor: Rizki A
TRIBUNNEWS/JEPRIMA
ILUSTRASI Pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit - Orang yang terinfeksi Covid-19 dan flu secara bersamaan berisiko tinggi alami kematian. 

TRIBUNTERNATE.COM - Para peneliti virus corona menganjurkan agar pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit harus dites flu secara rutin.

Hal itu mulai dilakukan setelah sebuah jurnal ilmiah yang dipublikasi di Lancet mengungkapkan bahwa orang yang terinfeksi Covid-19 dan flu secara bersamaan berisiko tinggi mengalami kematian.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa individu yang terinfeksi Covid-19 dan influenza secara bersamaan, 4 kali lipat lebih mungkin membutuhkan ventilator saat dirawat dan 2,4 kali lebih mungkin meninggal dunia daripada yang hanya menderita Covid-19 saja.

"Kami menemukan bahwa kombinasi Covid-19 dan flu sangat berbahaya," kata Profesor Kenneth Baillie dari Universitas Edinburgh, Inggris.

"Kami menduga bahwa Covid-19 akan bersikulasi dengan flu, sehingga meningkatkan kemungkinan koinfeksi."

"Itu sebabnya, kami harus mengubah strategi pengujian kami untuk pasien Covid-19 di rumah sakit dan pengujian flu yang lebih luas," imbuhnya seperti dikutip TribunTernate.com dari The Guardian, Senin (28/3/2022).

Penelitian ini mengamati lebih dari 305 ribu pasien Covid-19 yang dirawat inap dan melibatkan para peneliti dari Universitas Edinburgh, Universitas Liverpool, Imperial College London, dan Universitas Leiden di Belanda.

Sebanyak 6.965 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, dan 227 orang di antaranya juga terjangkit virus influenza.

Baca juga: 80 Persen Kasus Kematian Covid-19 di Hong Kong Terjadi pada Orang yang Divaksinasi Sinovac

Baca juga: CEO Moderna Ramalkan akan Ada Varian Covid-19 yang Lebih Berbahaya di Masa Depan

"Kami terkejut bahwa risiko kematian pada orang yang terinfeksi oleh virus flu dan Covid-19 lebih dari dua kali lipat," ujar Profesor Calum Semple dari Universitas Liverpool.

"Sekarang, sangat penting bagi orang-orang untuk divaksinasi penuh dan booster untuk melindungi diri dari kedua virus itu, dan jangan menunggu sampai terlambat," lanjutnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved