Sambut Idul Fitri, Masjid Muhajirin Ternate Gencar Koordinir Zakat dan Pembagiannya

Panitia zakat masjid muhajirin Ternate sudah menyiapkan amil zakat dan akan didistribusikan ke yang berhak.

Penulis: Randi Basri | Editor: Muhammad Husain Sanusi
Tribunternate.com/Randi Basri.
Suasana panitia zakat fitrah sedekah infaq maal masjid Muhajirin saat menerima zakat dari warga setempat di Kelurahan Muhajirin Kecamatan Ternate Tengah 

TRIBUNTERNATE.COM - Masjid Muhajirin yang terletak di Kecamatan Ternate Tengah, tidak melaksanakan kegiatan yang unik dalam menyambut lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah Tahun 2022.

Meski begitu Masjid Muhajirin, sudah menyiapkan panitia zakat fitrah sedekah infaq maal.

Pantau TribunTernate.com, di Masjid Muhajirin, Minggu (1/5/2022) pukul 11.30 WIT, panitia masjid sudah melakukan pendataan warga yang memberikan zakat fitrah, maal, infaq dan shodaqoh.

Para warga setempat yang datang memberikan zakat berupa uang sebesar Rp.35.000 dan juga berupa barang seperti beras sebanyak 2,5 Kg.

Ketua BKM Masjid Muhajirin, Tarik Abas ketika dikonfirmasi mengaku, untuk masjid Muhajirin, menyambut lebaran dan Salat id dilaksanakan seperti biasa.

Dia menyebut, Tahun 2022 ini tidak dilaksanakan kegiatan yang unik, meski begitu sejumlah aktivitas lain tetap dilakukan, seperti pembentukan panitia zakat hingga pengurus bersih masjid.

"Kalau tahun ini kami tidak melaksanakan kegiatan yang unik dan kami masjid Muhajirin menyambut lebaran seperti biasa," kata Tarik kepada TribunTernate.com.

Namun begitu lanjut dia, panitia sudah menyiapkan sejumlah aktivitas di masjid, diantaranya pembentukan panitia zakat, serta petugas kebersihan.

Untuk zakat sendiri sudah dibuka sejak H-10 hingga hari ini dan khusus hari ini nantinya panitia akan stey hingga pukul 00.00 WIT. Untuk menerima zakat dari warga setempat, yang memberikan zakatnya di masjid Muhajirin.

"Kalau zakat ini kami menerima bentuk uang dan beras. Untuk beras sendiri nantinya diberikan kepada fakir miskin, janda, yang membutuhkan dan pengurus masjid," ucapnya.

Sementara kata Tarik, untuk masjid Muhajirin sendiri hingga sekarang, masih menunggu keputusan sidang Isbat Lebaran 2022. Oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Namun begitu, kesiapan menyambut lebaran, sudah disiapkan sejak awal sambil menunggu keputusan lebaran salat id lebaran tahun 2022.

"Kami masih menunggu, dan yang pasti untuk salat id, kami masjid Muhajirin akan tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti biasa," tandasnya (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved