Breaking News:

Waspada! Virus Cacar Monyet Serang Manusia, Sudah Menyebar di Eropa dan Amerika

Eropa dan Amerika sedang berwaspada setelah virus cacar monyet muncul dan menyebar di wilayah tersebut.

The Strait Times
Ilustrasi virus cacar monyet yang menyerang manusia. 

TRIBUNTERNATE.COM - Eropa dan Amerika Serikat sedang berwaspada setelah virus cacar monyet muncul dan menyebar di wilayah tersebut.

AS, Spanyol dan Portugal mengumumkan kasus infeksi virus cacar monyet, dua minggu setelah Inggris mengidentifikasi kasus pertamanya.

Kini, para otoritas kesehatan waspada terhadap penyebaran cacar monyet.

Diketahui, cacar monyet adalah penyakit virus langka yang pertama kali dilaporkan di Republik Demokratik Kongo pada 1970-an.

Mengutip Aljazeera, hingga kini, Portugal telah mengidentifikasi lima kasus cacar monyet, Spanyol mengatakan sedang menguji 23 kasus potensial, dan negara bagian Massachusetts di AS mengumumkan telah menemukan kasus pada seorang pria yang baru-baru ini bepergian ke Kanada.

Inggris adalah negara yang pertama mengkonfirmasi kasus cacar monyet awal bulan ini.

Baca juga: Kajian Awal di Israel Sebut Hepatitis Akut Berkaitan dengan Virus Corona Subvarian Omicron BA.2

Baca juga: Vaksin Covid-19 Dosis Keempat Hanya Mampu Melindungi Lansia dari Virus dalam Waktu Sebentar Saja

Penularan

Saat ini, Inggris telah mendeteksi tujuh kasus cacar monyet dan bekerja dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menyelidiki penyebaran virus.

Kerja sama ini dilakukan setelah tidak dapat memahami hubungan antara kasus awal, pada seorang pria yang telah melakukan perjalanan dari Nigeria, dan kasus yang lebih baru ditemukan.

Otoritas kesehatan menduga beberapa infeksi mungkin terjadi melalui kontak seksual, dalam hal ini di antara pria gay atau biseksual, dengan empat kasus di Inggris diidentifikasi di antara orang-orang yang mengunjungi klinik kesehatan seksual setelah mengalami ruam yang terkait dengan cacar monyet.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved