Pilpres 2024

Bukan Ganjar Pranowo, Pengamat Sebut Jokowi Dukung Moeldoko Untuk Jadi Calon Presiden

Anggapan tersebut diungkapkan oleh pengamat politik Varhan Abdul Aziz, ia menyebut bahwa Moeldoko lah sosok yang didukung oleh Jokowi, bukan Ganjar.

Tribunnews.com/Seno Tri Sulistiyono
Menurut pengamat, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko adalah sosok yang didukung Presiden Jokowi untuk jadi calon presiden 2024. 

TRIBUNTERNATE.COM - Dukungan tersirat yang dilontarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada seseorang dalam Rakernas Projo di Magelang, Jawa Tengah pada Mei lalu menuai tanda tanya besar.

Ada yang menganggap perkataan tersebut dilontarkan Jokowi sebagai tanda bahwa ia mendukung sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menjadi maju di Pilpres 2024.

Namun, ada pula yang menyebut bahwa kata-kata Jokowi itu diungkapkannya untuk mendukung Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menjadi calon presiden.

Anggapan tersebut diungkapkan oleh pengamat politik Varhan Abdul Aziz, ia menyebut bahwa Moeldoko lah sosok yang didukung oleh Jokowi, bukan Ganjar Pranowo.

“Bahkan, lebih daripada Ganjar, justru Moeldoko yang mendampingi Presiden Jokowi naik ke panggung saat beliau membuka rakernas,” kata Varhan dalam keterangannya, Jumat (3/6/2022).

Untuk itu, Wakil Sekretaris Jenderal LSM Lumbung Informasi Rakyat (Lira) itu berkeyakinan bahwa maksud tersembunyi Jokowi dengan kalimat "mungkin yang kita dukung ada di sini" lebih kepada Moeldoko.

Varhan mengatakan, ia memiliki beberapa pertimbangan penting lain yang mendasari argumennya.

Selain hadirnya Moeldoko dan tampilnya KSP mendampingi Presiden ke panggung untuk membuka Rakernas Projo, ada dua hal lain yang membuatnya yakin bahwa publik selama ini silap mengambil petunjuk tersembunyi dari pernyataan Presiden Jokowi.

Baca juga: Disebut Lebih Dukung Ganjar, Hubungan Jokowi dengan Megawati Dikabarkan Retak, Ini Kata PDIP

Baca juga: Benarkah Jokowi Lebih Dukung Ganjar Pranowo Ketimbang Puan Maharani untuk Maju Pilpres 2024?

Pertama, kata Varhan, Presiden begitu antusias manakala diajak KSP Moeldoko melakukan panen sorgum di Desa Laipori, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam acara tersebut terlihat betapa akrabnya Moeldoko dengan Presiden, seperti tampak dalam foto-foto yang beredar di media massa.

Di sana, Moeldoko memang berinisiatif menggelar program budidaya sorgum seluas 4.000 hektare di dua desa, yakni Desa Laipori dan Desa Ngohung.

KSP menilai, sorgum adalah tanaman pangan yang mudah dibudidayakan, termasuk di lahan kritis, serta mengandung nutrisi dan zat gizi yang cukup tinggi untuk menjadi pangan pengganti beras, jagung dan gandum.

Kedua, lanjut Varhan, dari sisi Jokowi, tak mungkin ia secara terbuka mendukung Ganjar, kader internal PDIP, yang rawan membawa perpecahan di dalam PDIP. Terutama dengan Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri.

“Meskipun belum resmi diumumkan, hampir sudah jadi rahasia umum kalau pilihan resmi PDIP untuk calon presiden mendatang adalah Ketua DPR RI Puan Maharani, putri Ibu Mega,” kata Varhan.

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. (Kompas.com/Dian Erika)
Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved