HUT RI ke 77

Warga Mareku di Tidore Gelar Upacara Bendera HUT RI ke 77 Setiap 18 Agustus, Ada Apa?

Ada alasan tersendiri mengapa di tanggal 18 Agustus, warga Kelurahan Mareku di Kota Tidore baru melaksanakan upacara bendera.

Penulis: Faisal Amin | Editor: Munawir Taoeda
TribunTernate.com/Faisal Amin
UPACARA: Warga Kelurahan Mareku di Kota Tidore, baru melakukan upacara bendera atas HUT ke RI di tanggal 18 Agustus. Upacara bendera berlangsung di Tanjung Mafu Tabe yang syarat akan makna, Kamis (18/8/2022). 

TRIBUNTERNATE.COM - Warga Kelurahan Mareku, Kota Tidore Kepulauan pagi tadi berbondong-bondong, menuhi Tanjung Mafu Tabe, untuk mengikuti upacara bendera atas HUT RI ke 77, Kamis (18/8/2022).

Yang bertindak sebagai inspektur upacara bendera HUT RI ke 77 adalah Camat Tidore Utara, Ade Soninga dan Jamalidin M Akbar ditunjuk sebagai pemimpin upacara bendera HUT RI ke 77.

Sementara yang menjadi penggerek upacara bendera HUT RI ke 77 adalah Zulfikar Laing, Syahputra Pratama dan Hikmah Ramadhani.

Baca juga: SK Plh Kepala Desa Dokulamo di Halmahera Utara Menunggu Tanda Tangan Bupati

Pantauan TribunTernate.com, upacara bendera HUT RI ke 77 dimulai pada pukul 08.00 WIT.

Upacara bendera berlangsung khidmat, dalam upacara bendera tersebut dihadiri tokoh adat Kelurahan Mareku, Kota Tidore Kepulauan yaitu Sangaji Laisa dan Sangaji Laho.

Diketahi, upacara bendera di Tanjung Mafu Tabe, Kelurahan Mareku, Kota Tidore Kepulauan ini, dilakukan setiap tanggal 18 Agustus atau sehari setelah HUT RI.

Hal tersebut bukan tak berdasar, sebab pada tanggal 18 Agustus 1946, dikibarkan bendera merah putih pertama di wilayah Indonesia Timur.

Baca juga: PDIP dan Golkar Masih Jadi Penguasa di Parlemen Morotai

Sebab itulah, di Kelurahan Mareku, Kota Tidore Kepulauan diadakan upacara bendera HUT RI ke 77, untuk memperingati peristiwa tersebut.

Selain upacara bendera di Tanjung Mafu Tabe Kelurahan Mareku, Kota Tidore Kepualaun.

Dilokasi tersebut dibangun sebuah monumen, sebagai pengingat atas peristiwa pengibaran bendera merah putih pertama di kawasan Indonesia Timur. (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved