Bea Cukai Ternate Musnahkan Rokok dan Minuman Ilegal, Kerugian Negara Capai Rp 350 Juta

Dengan cara dibakar, Bea Cukai Ternate musnahkan sejumlah baranmg ilegal, dengan kerugian negara mencapai ratusan juta rupiah.

Penulis: Yunita Kaunar | Editor: Munawir Taoeda
TribunTernate.com/Yunita Kaunar
PEMUSNAHAN: Bea Cukai Ternate musnahkan barang ilegal seperti rokok dan minuman dengan cara dibakar. Barang-barang ilegal tersebut merupakan hasil sitaan sejak 2019, dengan merugikan negara sebesar ratusan juta rupiah, Selasa (30/8/2022). 

TRIBUNTERNATE.COM - Kantor Bea Cukai Ternate gelar pemusnahan barang milik negara tahun 2022, berupa rokok, minuman etil alkohol dan roko elektrik tanpa pita cukai, dengan kerugian negara sebesar Rp 350 juta, berlokasi lokasi di Kelurahan Kota Baru, Kota Ternate, (30/8/2022).

"Nilai barang yang disita Rp 715 juta, dengan kerugian negara mencapai Rp 350 juta, "ungkap Kepala Bea Cukai Ternate, Shinta Dewi Arini.

Berdasarkan, hasil penindakan dimusnahkan berasal dari kegiatan operasi, dan patroli Kantor Bea Cukai Ternate, sepanjang tahun 2019 sampai dengan tahun 2022, di wilayah di Maluku Utara.

Sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Kantor Nomor KEP-259/KBC.1903/2022 tanggal 26 Agustus 2022, dan peraturan yang berlaku, barang-barang hasil penindakan tersebut saat ini, telah ditetapkan sebagai barang milik negara dan akan dimusnahkan.

Baca juga: Tanggal 1 September 2022 Sebagain Personil Polda Pindah ke Sofifi Ibukota Maluku Utara

Barang dimusnakan yakni pertama, rokok jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM), tanpa dilekati pita cukai sebanyak 45.160 batang. Kedua, rokok jenis Sigaret Putih Mesin (SPM), tanpa dilekati pita cukai sebanyak 255.500 batang.

Ketiga, hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL)/liquid vape, tanpa dilekati pita cukai sebanyak 1.785 ml. Keempat, minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) tanpa dilekati pita cukai, sebanyak 660 botol dengan rincian golongan A sebanyak 12 botol, golongan B sebanyak 12 botol, dan golongan C sebanyak 636 botol.

Penindakan dan kegiatan pemusnahan barang kena cukai ilegal ini, terwujud berkat sinergi yang baik dengan seluruh elemen masyarakat.

Baik aparat penegak hukum di wilayah Maluku Utara, maupun masyarakat yang telah memberikan info, terkait peredaran barang kena cukai ilegal.

"Hal ini menunjukkan komitmen kuat dari Kantor Bea Cukai Ternate, bersama aparat penegak hukum dan masyarakat, dalam memberantas peredaran barang kena cukai ilegal, yang berbahaya bagi kesehatan dan merugikan penerimaan negara, "katanya.

Baca juga: Harga Kopra Maluku Utara Hari Ini, 30 Agustus 2022: Di Halmahera Utara Kopra Rp 6 Ribu per Kilogram

"Sehingga, kami berharap sinergi yang bagus ini akan semakin kuat dan berkesinambungan. Selain itu, acara pemusnahan ini juga diharapkan dapat menjadi sarana edukasi bagi kita semua agar semakin memahami pentingnya pemberantasan barang kena cukai ilegal bagi masyarakat Indonesia, khususnya di Maluku Utara, "pungkasnya.

Sejumlah hasil sitaan berupa rokok ilegal, minuman etil alkohol dan roko elektronik, dimusnahkannya Demangan cara dibakar dan dirasakan.

Untuk rokok ilegal atau tanpa pita cukai, sebelum dibakar, dibuka kemudian dihancurkan lalu dibakar. Sementara untuk roko elektronik dan minuman etil alkohol, dimusnahkan dengan cara dipisahkan dari kemasannya. (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved