Pemilu 2024

Sejumlah Baliho Calon di Ternate Mulai Menjamur, Bawaslu: Belum Dapat Dikategorikan APK

Meski baliho bakal calon banyak bermunculan, namun penyelenggara menyebut hal itu bukan dikategorikan sebagai APK.

Penulis: Yunita Kaunar | Editor: Munawir Taoeda
TribunTernate.com/Yunita Kaunar
PEMILU: Menutut Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan (tengah), baliho yang sudah terpajang disejumlah ruas jalan di Kota Ternate, bukan atau tidak bisa dikategorikan sebagai APK, Selasa (30/8/2022). 

TRIBUNTERNATE.COM - Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan menyebut baliho-baliho bergambar sejumlah tokoh, yang menjamur di sejumlah titik di kota, belum bisa dikategorikan sebagai alat peraga kampanye atau APK.

"Ini belum bisa disebutkan APK, karena memang yang disebut alat kampanye adalah alat peraga, yang dicetak KPU atau bisa jadi dicetak oleh pasangan calon peserta pemilu, yang diperbolehkan peraturan KPU, "ucapnya.

Menurutnya, baliho-baliho tersebut bisa dikategorikan sebagai APK, apabila peserta pemilu seperti calon anggota DPRD kabupaten/kota, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD sudah ditetapkan oleh KPU.

Baca juga: Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Maluku Utara Ajak Kades se-Halmahera Utara untuk Berliterasi

"Karena sementara ini penetapan Pemilu 2024 belum ada, maka siapa saja memiliki hak sosialisasikan diri, atau bakal calon menjadi peserta Pemilu 2024, "ungkapnya.

Namun yang harus diperhatikan adalah, lanjut Bawaslu Kota Ternate, peraturan lain yang mengatur tentang estetika ruang kota.

"Peraturan estetika perkotaan dan sebagainya itu diatur pemerintah kota, kami tidak punya wewenang karena belum ada penetapan, beda halnya kalau sudah ada penetapan, "katanya.

Baca juga: Puncak Kie Matubu Destinasi Wisata Tidore Suguhkan Separuh Keindahan Maluku Utara

Dijelaskan, standar APK Pilkada dan Pemilu 2024, akan difasilitasi KPU dengan standar ukuran, yang juga akan ditetapkan di dalam P-KPU.

"Kalau pemilu ya sudah tentu APBN, kalau Pilkada ya tentu lewat APBD. Saat ini, Bawaslu Kota Ternate sedang berkonsentrasi mengawasi tahapan verifikasi administrasi, maupun verifikasi faktual yang dilakukan KPU Kota Ternate, "pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved