Ketua KNPI Ternate Usul Komunitas Dilibatkan Urus Sampah Organik Kota Ternate

Menurut Pemerhati lingkungan, Sahmar Ishak, cara ideal meminimalisir masalah sampah di Kota Ternate ialah pendampingan langsung ke masyarakat.

Penulis: Nurhidayat Hi Gani | Editor: Mufrid Tawary
Dok Sahmar
Pemerhati lingkungan Kota Ternate, Sahmar Ishak 

TRIBUNTERNATE.COM-  Menurut Pemerhati lingkungan, Sahmar Ishak, cara ideal meminimalisir masalah sampah di Kota Ternate ialah pendampingan langsung ke masyarakat.

Cara tersebut bagi Sahmar Ishak, dengan sendirinya menyentuh kesadaran masyarakat akibat dampak lingkungan dari membuang sampah sembarangan atau tidak pada tempatnya.

"Pemerintah harus membentuk tim di setiap Kelurahan. Nah, tim itu nantinya memberikan penyadaran kepada masyarakat," kata Sahmar Ishak, kepada TribunTernate.com, Jumat (22/9/2022).

Sampah plastik kerap ditemukan berhamburan di setiap pesisir pantai dan kali mati rata rata bersumber dari daratan.

"Iya karena sampah kiriman dari laut itu karena masayarakat di daerah lain membuang sampah sembarangan. Akibatnya sampah itu dibawa air dan menumpuk di setiap pantai. Begitu pula sampah di kali mati juga dari warga di pegunungan," jelasnya.

Baca juga: Areal Pantai Singgahan Nelayan di Kalumata Ternate Penuh dengan Sampah

Baca juga: Dinas Pariwisata Ternate Canangkan Ubah Tampilan dan Perbaikan Fasilitas Danau Tolire Besar

Ketua DPD Komite Nasional  Pemuda Indonesia  (KNPI) Ternate ini menilai, kegiatan dijalankan Pemkot Ternate dalam hal menangani sampah belum berjalan efektif.

Itu sebabnya, dia menyarankan terutama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate, agar menggandeng setiap komunitas pemerhati lingkungan untuk melakukan pendampingan langsung ke masayarakat.

"Intinya kesadaran warga perlu disentuh. Pemerintah bisa buat percontohan di satu Kelurahan, tentu di Kelurahan lain juga akan ikut jika itu berjalan efektif," kata Sahmar. (*)

 

 

 

 

Sumber: Tribun Ternate
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved