Breaking News:

Konflik Israel Palestina

Konflik Israel Palestina: Pejabat Hamas Prediksi Gencatan Senjata dalam Waktu Dekat

Seorang pejabat Hamas memperkirakan adanya gencatan senjata pada konflik Palestina dan Israel yang sedang terjadi.

ANAS BABA/AFP
Asap mengepul setelah serangan udara Israel di Kota Gaza dekat Taman Barcelona dan beberapa tempat pemerintahan, salah satu serangan udara terbesar di Jalur Gaza, pada awal 12 Mei 2021. 

TRIBUNTERNATE.COM - Seorang pejabat Hamas memperkirakan adanya gencatan senjata pada konflik Palestina dan Israel yang sedang terjadi.

Prediksi ini muncul setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mendesak Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk mengupayakan 'penurunan ketegangan' dalam pertempuran.

Tembakan roket ke Israel pun mereda dalam pada Rabu (19/5/2021) hingga Kamis (20/5/2021) pagi.

Namun, Israel meluncurkan kembali serangan udara ke Gaza setelah fajar dengan kecepatan yang lebih lambat daripada hari-hari sebelumnya.

Mengutip Evening Standard, seorang sumber keamanan Mesir mengatakan, kedua belah pihak pada prinsipnya telah menyetujui gencatan senjata setelah adanya bantuan dari mediator.

Namun, informasi lebih rincinya masih dirundingkan secara rahasia.

"Saya pikir upaya yang sedang berlangsung terkait gencatan senjata akan berhasil," kata pejabat politik Hamas, Moussa Abu Marzouk, kepada TV al-Mayadeen Lebanon.

"Saya berharap gencatan senjata dicapai dalam satu atau dua hari, dan gencatan senjata akan berdasarkan kesepakatan bersama," lanjutnya.

Baca juga: Kesaksian Jurnalis yang Meliput Serangan Israel di Gaza: Mengerikan, Situasi Kali Ini Sangat Sulit

Baca juga: Israel Semakin Brutal, Pemimpin Hamas Surati Presiden Jokowi, Minta Indonesia Segera Bertindak

Saat ditanya tentang apakah gencatan senjata akan dimulai pada hari Jumat (21/5/2021), Menteri Intelijen Israel Eli Cohen mengatakan belum bisa memastikannya.

"Tidak. Kami memang melihat tekanan internasional yang signifikan, namun kami akan menyelesaikan operasi ketika kami memutuskan kami telah mencapai tujuan kami," tuturnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved