Breaking News:

Olimpiade Tokyo 2020

Makna Buket Bunga Peraih Medali di Olimpiade Tokyo 2020, Simbol Kebangkitan Jepang dari Tsunami 2011

Rupanya, buket bunga yang diberikan kepada para pemenang di ajang Olimpiade Tokyo 2020 tersebut memiliki makna yang mendalam.

Penulis: Rizki A. Tiara | Editor: Ronna Qurrata Ayun
AFP/Pedro Pardo
Apriyani Rahayu (kanan) dan Greysia Polii Indonesia meraih medali emas dalam cabang olahraga bulu tangkis sektor ganda putri di Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada Senin, 2 Agustus 2021. 

TRIBUNTERNATE.COM - Para peraih medali di Olimpiade Tokyo 2020 tidak hanya mendapatkan medali tetapi juga buket bunga kecil yang terdiri atas tiga jenis bunga yang berbeda.

Buket bunga itu berwarna kuning, hijau, dan biru tua serta diikat dengan pita biru.

Tiga jenis bunga pada buket tersebut adalah bunga eustoma, bunga matahari, dan bunga gentiana.

Enam atlet Indonesia pun tercatat membawa oleh-oleh lima medali, yakni Greysia Polii/Apriyani Rahayu (emas) dan Anthony Sinisuka Ginting (perunggu) dari cabang olahraga badminton, serta dari cabang olahraga angkat besi; Windy Cantika Aisah (perunggu), Eko Yuli Irawan (perak), dan Rahmat Erwin Abdullah (perunggu).

Mereka pun mendapatkan buket bunga berukuran kecil itu.

Rupanya, buket bunga yang diberikan kepada para pemenang di ajang Olimpiade 2021 tersebut memiliki makna yang mendalam dan membutuhkan waktu bertahun-tahun dalam pembuatannya.

Apriyani Rahayu (kanan) dan Greysia Polii Indonesia meraih medali emas dalam cabang olahraga bulu tangkis sektor ganda putri di Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada Senin, 2 Agustus 2021.
Apriyani Rahayu (kanan) dan Greysia Polii Indonesia meraih medali emas dalam cabang olahraga bulu tangkis sektor ganda putri di Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada Senin, 2 Agustus 2021. (AFP/Pedro Pardo)

Baca juga: Kemenkes Putuskan Masyarakat yang Belum Memiliki NIK Tetap Bisa Vaksin Covid-19, Ini Prosedurnya

Baca juga: 51 Link Instansi Pusat untuk Cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2021: Kemenlu hingga BMKG

Baca juga: Wahyana, Guru Olahraga asal Gunungkidul yang Jadi Wasit Badminton Olimpiade Tokyo 2021

Dikutip dari laman npr.org, buket bunga itu melambangkan kebangkitan Jepang dari bencana alam gempa bumi dan tsunami dahsyat yang terjadi tahun 2011 silam.

Bencana tersebut menyebabkan sekitar 20.000 orang tewas atau hilang. Ribuan rumah hancur dan hampir seluruh wilayah yang terdampak rata dengan tanah.

Sebagian besar bunga yang dirangkai menjadi buket kecil itu ditanam di tiga prefektur yang terdampak sangat parah akibat gempa bumi dan tsunami itu.

Bahkan, sebagian besar atau sekitar lebih dari 19.000 orang tewas atau hilang juga berasal dari tiga prefektur tersebut.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved